Pengaruh Return On Asset dan Current Ratio Terhadap Dividen Payout Ratio Dengan Firm Size Sebagai Variabel Moderating

Dedy Dwi Arseto, Jufrizen Jufrizen

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Return On Asset dan Current Ratio Terhadap Dividen Payout Ratio dengan Firm Size Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Konstruksi dan Bangunann Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau menjelaskan pengaruh variabel bebas terhadap terikat. Untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi berganda dan uji regresi moderasi. Uji regresi berganda bertujuan secara dasar sama dengan korelasi sederhana atau berganda, yakni ingin mengetahui apakah ada pengaruh antara dua variabel dan apakah varibel moderate mampu memoderasi hubungan antara dua variabel. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian dipilih berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan, dari kriteria yang telah ditentukan diperoleh 6 perusahaan yang memenuhi kriteria.Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa terdapat pengaruh Return On Asset dan Current Ratio terhadap Dividen Payout Ratio baik secara parsial maupun secara simultan. Dari dua varibel bebas yang digunakan terdapat pengaruh positif dan negative dimana Return On Asset berpengaruh negative terhadap Dividen Payout Ratio pada perusahaan kostruksi dan bangungan Indonesia, dan Current Ratio berpengaruh positif terhadap Dividen Payout Ratio pada perusahaan kostruksi dan bangunan Indonesia, kemudian dari hasil penelitian ini terbukti bahwa Firm Size mampu memoderasi hubungan Return On Asset terhadap Dividen Payout Ratio dan Current Ratio terhadap Dividen Payout Ratio pada perusahaan kostruksi dan bangunan Indonesia

Keywords


Return On Asset; Current Ratio; Firm Size; Dividend Payout Ratio

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Sartono., Agus (2012). Manajemen keuangan teori dan aplikasi, Edisi Empat. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Andinata, W. (2010). Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Badan Pusat Statistik. (2018). Ekonomi Indonesia Triwulan IV - 2017. Februari. BPS Pusat. Jakarta.

Riyanto, Bambang. (2001). Dasar-dasar pembelanjaan perusahaan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Brigham, Eugene F, dan Joel F. Houstan. (2011). Dasar-dasar manajemen keuangan, edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Cleary, Sean. (2002). “The Relationship between Firm Investment and Financial Status”. The Journal of Finance, 4(2).

Sunarya, Devi Hoei. (2013). Pengaruh Kebijakan Utang, Profitabilitas, dan Likuiditas terhadap Kebijakan Dividen dengan Size sebagai Variabel Moderasi pada Sektor Manufaktur periode 2008-2011. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Surabaya, Volume 2

Eduardus Tandelilin, (2001), Analisis investasi dan manajemen portofolio. Edisi Pertama, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Fahmi, I., (2012), Analisis laporan keuangan, Cetakan ke-2. Bandung: Alfabeta.

Farinha,J (2002). “Dividend Policy, Corporate Governance and The Managerial Entrenchment Hypothesis: An Empirical Analysis”. Journal of Financial Research.

Fauz, Ahmad dan Rosidi.(2007). Pengaruh Aliran Kas Bebas, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Utang, dan Collateral Assets terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 2(8).

Hanafi, Mamduh dan Halim, Abdul. (2012). Analisis laporan keuangan. Edisi Ketiga. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Penerbit UPP Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Harahap, Sofyan Syafri. (2007). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Yogyakarta : Raja Grafindo Persada.

Harahap, Sofyan Syafri. (2013). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Yogyakarta : Raja Grafindo Persada.

Horne, James C. Van., dan John M. Wachowicz.(2005). Prinsip-prinsip manajemen keuangan. Edisi kedua belas.Jakarta. Salemba Empat.

Horne, James C. Van dan John M. Wachowicz. (2009). Fundamental of Financial Management: Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2004). Standar Akuntansi Keuangan. PSAK No. 17. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Irawati, Susan. (2006). Manajemen Keuangan. Cetakan Kesatu. Bandung: PT.Pustaka.

Jogiyanto. (2008). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE UGM.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Lukman Syamsuddin. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Michell Suharli. (2007). Pengaruh Profitability dan Investment Opportunity Set Terhadap Kebijakan Deviden Tunai dengan Likuiditas Sebagai Variabel Penguat. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan. 9(1).

Munawir. (2014). Analisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta : Penerbit Liberty.

Ridwan S., Inge Barlian, dan Dharma Putra Sundjaja. (2010). Manajemen Keuangan 2.Edisi 6. Jakarta Literata Lintas Media.

Sugiyono, (2012), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fmaneggio.v1i1.2237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen is abstracting & indexing in the following databases: 

 

 
Creative Commons License

Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 View My Stats Maneggio