Pengaruh Harga Dan Pendapatan Konsumen Terhadap Permintaan Rumah Tipe 36

Maria Kristina Situmorang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan pendapatan konsumen terhadap permintaan rumah tipe 36 pada PT. Aresco Dharma Medan.  Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dimana variabel diukur dengan skala likert. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview), dengan daftar pertanyaan (questionnaire) dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalahkonsumen yang membeli rumah tipe 36 pada PT. Aresco Dharma Medan berjumlah 58 orang. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 37 orang, dimana sampel penelitian dengan menggunakan rumus Slovin. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS, dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis analisis regresi berganda, dan koefisien determinasi. Pengaruh harga terhadap permintaan rumah tipe 36 berpengaruh secara positif dan signifikan. Pengaruh pendapatan konsumen terhadap permintaan rumah tipe 36 berpengaruh secara positif dan signifikan. Pengaruh  harga dan permintaan konsumen secara bersama sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan rumah tipe 36

Keywords


Harga; Pendapatan; Permintaan.

DOI:

https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2340


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dengah , Stefandy. Vecky, Rumate. Audie, Niode. (2014). Analisis Pengaruh Pendapatan Per Kapita dan Jumlah Penduduk Terhadap Permintaan Perumahan Kota Manado Tahun 2003 – 2012. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. 14 (3).

Kadarisman. (2014). Manajemen kompensasi. Jakarta :Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Kleinsteuber,F. dan Sutojo, (2014). Effective strategy to increase your profit (Strategi harga yang efektif untuk meningkatkan keuangan anda). Jakarta : PT. Damar Mulia Pustaka.

Kotler, Philips dan Keller, (2015). Manajemen pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 2.Penerjemah : Bob Sabran.

Kurniawan, Sri Budi. (2015). Pengantar ekonomi mikro dan makro. Yogyakarta : CV Andi Offset

Lupiyoadi,Rambat, (2013). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Mahardini, Ismi .(2012). Analisis Pengaruh Harga, Penadapatan,Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Permintaan Rumah Sederhana (Studi Kasus Perumahan Dinar Mas Semarang)”.Jurusan IESP Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. 1 (1).

Manullang,M. dan Esterlina Hutabarat. (2013). Manajemen pemasaran. Medan.

Mesra. (2016). Penerapan ilmu ekonomi dan bisnis, Yogyakarta : CV. Budi Utama.

Prawoto, (2010).Teori dan praktek penilaian properti.Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta

Sukirno, Sadono (2012).Mikro ekonomi teori pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Sukirno, Sadono, (2016). Makro ekonomi teori pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Suryawardana, Edy. Endang Yani, Tri. (2017). Analisis Faktor – Faktor Pertimbangan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hunian di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya. 19 (1).

Sutedi, (2012). Hukum rumah susun dan apartemen. Jakarta Timur: Sinar Grafika.

Sutojo, (2014). Manajemen pemasaran. Jakarta :Damar Mulia Pustaka.

Yunus, (2016). Manajemen strategis, -Ed-1, Yogyakarta : CV. Andi Offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

View My Stats Maneggio