Pengaruh Return On Assets Dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham

Qahfi Romula Siregar, Salman Farisi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara Return On Asset (ROA), dan Earning Per Share (EPS) sebagai variabel independen terhadap Harga Saham sebagai variabel dependen pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). untuk periode 2012 2016.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Tekstil dan Garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 12 perusahaan, sedangkan sampel yang memenuhi kriteria dalam penarikan sampel untuk penelitian ini berjumlah 6 Perusahaan Tekstil dan Garmen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi (R-Square).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Assets (ROA) secara parsial menunjukkan hasil positif dan tidak signifikan atau tidak berpengaruh pada Harga Saham, Earning Per Share (EPS) secara parsial menunjukkan nilai negatif dan tidak signifikan atau tidak berpengaruh pada Harga Saham dan secara bersamaan Return On Assets (ROA) dan Earning Per Share (EPS) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Keywords


Return On Assets; Earning Per Share; Harga Saham

DOI:

https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2342


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad, Kamaruddin (2004). Dasar manajemen investasi dan portofolio (cetakan kedua). Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.

Bambang Riyanto (2009). Dasar dasar pembelanjaan perusahaan. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit BPFE

Dewi , dan I.G.N.A Suaryana. (2011). Pengaruh Rasio Profitabilitas terhadap Harga Saham. E-Jural Akuntansi Universitas Udayana. 2 (1).

Brigham, Eugene F and Houston, Joel F. (2006). Dasar - dasar manajemen keuangan. Edisi 10. Jakarta: Penerbit Salemba 4.

Kasmir (2015). Analisis laporan keuangan. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.

(2008). Analisa laporan keuangan. Edisi 1. Pers Manajemen Perbankan (revisi 8). Jakarta: Penerbit Rajawali.

Lubis, Ade Fatma (2008). Pasar modal sebuah pendekatan pasar modal terintegrasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonsia.

Munawir (2012). Analisa laporan keuangan. Edisi 4 cetakan ke 15. Yogyakarta: Penerbit Liberty Yogyakarta.

Puspita, lilis dan Supardi. (2012). Pengaruh ROA, EVA pada Return Saham Perusahaan Manufaktur, Jurnal Trikonomika. 8(4) 115-122

Samsul, Mohammad (2006). Pasar modal dan manajemen portofolio. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hani, Syafrida (2016). Teknik analisa laporan keuangan. Medan: Penerbit In Media.

Harahap, Sofyan Safri (2012). Analisis kritis atas laporan keuangan. Edisi 1-13. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers

Watung, Rosdian dan Ilat (2016) Pengaruh Return On Asset (Roa), Net Profit Margin (Npm), Dan Earning Per Share (Eps) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Jurnal EMBA. 4 (2) 518-529.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

View My Stats Maneggio