Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating

Sri Fitri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengaruh profitabilitas sebagai variabel moderating dalam hubungan antara corporate social responsibility dengan nilai perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan nn probability sampling, khususnya metode purposive sampling yaitu teknik sampling dengan metode pengambilan sampel secara tidak acak tetapi berdasarkan atas tujuan dan pertimbangan atau kriteria tertentu. Dari 38 populasi perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia diperoleh 10 perusahaan pertambangan yang memenuhi kriteria di atas sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR secara parsial tidak mempengaruhi Price to Book Value (PBV). Sementara itu, Return on Asset (ROA) secara parsial berpengaruh tidak signifikan PBV.

Keywords


Corporate Social Responsibility; Return on Asset; Price to Book Value

References


Daniri, M. A. (2014). Lead By GCG. Jakarta: Gagasan Bisnis Indonesia.

Erlina. (2011). Metodologi Penelitian. Medan: PSI USU.

Friedman, M. (2007). Ekonomi Uang, Perbankan, Pasar Keuangan (Edisi Terjemahan) II. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, & Chariri, A. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariative dengan Program SPSS, Edisi 4, Cetakan Ke-4. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Gunawan, J. (2009). Commitment in implementing and developing Sustainable Development Goals. Retrieved from National Center For Sustainablity Reporting: http://www.ncsr-id.org

Harmono. (2009). Manajemen Keuangan: Berbasis Balanced Scorecard, Edisi 1, Cetakan ke-1. Jakarta: Bumi Aksara.

Indonesia. (2007). Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Retrieved 2017, from Sustainable Finance OJK: https://www.ojk.go.id/sustainable-finance/id/peraturan/undang-undang/Pages/Undang-Undang-No.-40-tahun-2007-tentang-Perseroan-Terbatas.aspx

Indonesia, I. A. (2009). Penyajian Laporan Keuangan. Retrieved 2018, from Dewan Standar Akuntansi Keuangan: https://staff.blog.ui.ac.id/martani/files/2011/04/ED-PSAK-1.pdf

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Nency, L. (2004). Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good For Your Company and Your Cause. Hoboken: NJ: Wiley & Sons, Inc.

Kusumadilaga, R. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Retrieved Januari 6, 2018, from Skripsi, Universitas Diponegoro: http://eprints.undip.ac.id/22572/1/SKRIPSI_Rimba_Kusumadilaga.PDF

Nurdizal, M. R., Efendi, A., & Wicaksana, E. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Jakarta: Penebar Swadaya.

Nurlela, R., & Islahuddin. (2008). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Persentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Pontianak: Simposium Nasional Akuntansi XI.

Puspaningrum, Y. (2015, April 22). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Yogyakarta, Sleman, Indonesia.

Ramadhani, L. S., & Hadiprajitno, B. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurna Akuntansi dan Auditing Volume 8 N0.2, 95-189.

Solihin, I. (2009). Corporate Social Responsibility: From Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, E. (2009). Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat. Bandung: PT. Refika Aditama.

Susanto, A. (2007). A Strategic Management Approach, CSR. Jakarta: The Jakarta Consulting Group.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.