Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha

Aprilda Yanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan, self efficacy, Locus of Control dan karaketer wirausaha pada minat berwirausaha mahasiswa Strata-1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Sampel yang digunakan sebanyak 125 orang. Penelitian menggunakan teknik Random Sampling serta pengumpulan data dengan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asusmsi klasik, regresi linear berganda, uji-t , uji-f dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Secara parsial self efficacy berpengaruh signfikan terhadap minat berwirausaha. Locus of Control tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Secara karakter wirausaha berpengaruh signfikan terhadap minat berwirausaha. Secara simultan, simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan, self efficacy, Locus of Control dan karakter wirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Keywords


Pendidikan kewirausahaan, self efficacy, locus of control, karaketer wirausaha, minat berwirausaha.

References


Abror, A. R. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Alma, B. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Anggraeni, D. A. L., & Nurcaya, I. N. (2016). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. E- Jurnal Manajemen Unud, 5(4), 24242453.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin, B. (2009). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Bandura, A. (2009). Cultivate Self - effi cacy for Personal and Organizational Effectiveness. In Handbook of Principles of Organizational Behavior: Indispensable Knowledge for Evidence?Based Management (pp. 179200). New York: Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119206422.ch10

Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Basrowi, B. (2011). Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Bustan, J. (2014). Pengaruh prestasi, locus of control, risiko, toleransi ambiguitas, percaya diri, dan inovasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Orasi Bisnis : Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga, 11(1), 6067.

Chen, C. C., Greene, P. G., & Crick, A. (1998). Does entrepreneurial self-efficacy distinguish entrepreneurs from managers? Journal of Business Venturing, 13(4), 295316. https://doi.org/10.1016/S0883-9026(97)00029-3

Chen, W., Weng, C. S., & Hsu, H. (2010). A study of the entrepreneurship of Taiwanese youth by the Chinese Entrepreneur Aptitude Scale. Journal of Technology Management in China, 5(1), 2639. https://doi.org/10.1108/17468771011032778

Cheng, M. Y., Chan, W. S., & Mahmood, A. (2009). The effectiveness of entrepreneurship education in Malaysia. Education and Training, 51(7), 555566. https://doi.org/10.1108/00400910910992754

Chimucheka, T. (2013). The Impact of Entrepreneurship Education on the Establishment and Survival of Small, Micro and Medium Enterprises (SMMEs). Journal of Economics, 4(2), 157168. https://doi.org/10.1080/09765239.2013.11884975

Cromie, S. (2000). Assessing entrepreneurial inclinations: Some approaches and empirical evidence. European Journal of Work and Organizational Psychology, 9(1), 730. https://doi.org/10.1080/135943200398030

Dusak, I. K. A. F., & Sudiksa, I. B. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Parental, dan Locus of Control Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(8), 51845214.

Fatoki, O. (2014). The Entrepreneurial Intention of Undergraduate Students in South Africa: The Influences of Entrepreneurship Education and Previous Work Experience. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(7), 294299.

Feist, J., Feist, G. J., & Roberts, T.-A. (2013). Theories of Personality (8th ed.). California: McGraw-Hill Education.

Gaddam, S. (2008). Identifying the relationship between behavioral motives and entrepreneurial intentions: An empirical study based on the perceptions of business management students. The Icfaian Journal of Management Research, 7, 3545.

Indarti, N., & Rostiani, R. (2008). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang Dan Norwegia. Journal of Indonesian Economy and Business, 23(4), 369384. https://doi.org/10.22146/jieb.6316

Isrososiawan, S. (2013). Peran Kewirausahaan Dalam Pendidikan. Society, Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, 9(1), 2649.

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Medan: UMSU Press.

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2008). Organizational Behavior (8th ed.). Boston: McGraw Hill.

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2014). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Lee-Kelley, L. (2006). Locus of control and attitudes to working in virtual teams. International Journal of Project Management, 24(3), 234243. https://doi.org/10.1016/j.ijproman.2006.01.003

Longenecker, J. G. (2001). Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.

Luthans, F. (2010). Organizational behavior : An Evidence-Based Approach (12th ed.). New York: McGraw-Hill/Irwin.

Meredith, G. G. (2002). Kewirausahaan : Teori dan Praktek. Jakarta: PPM.

Mudjiarto, M. (2006). Membangun karakter dan kepribadian kewirausahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mujiatun, S., Jufrizen, J., & Ritonga, P. (2019). Model Kelelahan Emosional: Antaseden Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Dosen. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 447465.

Mulyani, E. (2011). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 118. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.705

Napitupulu, E. L. (2009). Kemampuan Berwirausaha Perlu Diciptakan. Retrieved from www.kompas.com

Nursito, S., & Nugroho, A. J. S. (2013). Analisis Pengaruh Interaksi Pengetahuan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Kewirausahaan. Kiat BISNIS, 5(3), 201211.

Prihantoro, W. S. G. (2015). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Sikap Mental Kewirausahaan Siswa Smk Negeri 1 Demak (Studi Pada Siswa Kelas XI Pemasaran Tahun Ajaran 2014/2015). Universitas Negeri Semarang.

Primandaru, N. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Economia, 13(1), 6878.

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remadja Rosdakarya.

Ramayah, T., & Harun, Z. (2005). Entrepreneurial intention among the student of Universiti Sains Malaysia. International Journal of Management and Entrepreneurship, 1(1), 820.

Robbins, S. P. (2004). Teori organisasi, struktur, desain, dan aplikasi. New Jersey: Prentice Hall.

Robbins, Stephen P., & Judge, T. A. (2011). Organizational Behavior (14th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Rotter, J. B. (1990). Internal versus external control of reinforcement: A case history of a variable. American Psychologist, 45(4), 489493. https://doi.org/10.1037/0003-066X.45.4.489

Septiana, D. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Karakter Wirausaha, Dan Persepsi Tentang Program Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 4(5).

Sinurat, J. P., Aini, Y., & Makmur, M. (2018). Pengaruh Motivasi, Self Efficacy dan Locus of Control Terhadap Minat Berwirausaha. Cano Economos : Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi, 7(1).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryana. (2013). Kewirausahaan: kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Tedjasutisna, A. (2004). Kewirausahaan. Bandung: Armico.

Wahyudi, S. (2012). Entrepreneurial Branding and Selling, Road Map Menjadi Entrepreneur Sejat. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Wibowo, S., & Pramudana, K. A. S. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Yang Dimediasi Oleh Sikap Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(12), 81678198.

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yusnandar, W. (2017). Analisis determinan minat berbisnis online di kalangan mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(2), 129138. https://doi.org/10.5281/zenodo.1095037




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i2.3774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.