Peran Moderasi Kinerja Pendamping Pada Pengaruh Program Keluarga Harapan Terhadap Pengentasan Kemiskinan di Kota Tanjungbalai

Dedeng Irawan, Muis Fauzi Rambe, Adi Munasib

Abstract


Kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat miskin dikota tanjungbalai merupakan tujuan dari utama yang ingin dicapai oleh walikota tanjungbalai. Salah satu upaya Pemerintah Kota Tanjungbalai untuk mencapai mengentaskan kemiskinan di Kota Tanjungbalai adalah dengan menghadirkan program pemerintah pusat yaitu Program Keluarga Harapan yang merupakan salah satu program andalan dari Kementrian Sosial Republik Indonesia yang dalam implementasinya masih sering mengalami masalah yang diakibatkan kurangnya pengetahuan akan program tersebut sehingga untuk mengatasi itu makan ditunjuklah pendamping sosial untuk membantu dalam mengaplikasikan program bantuan ini. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang didukung dengan data primer dan sekunder. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang didapat melalui penyebaran kuesioner kepada penerima PKH langsung. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan informasi melalui angket dalam bentuk pernyataan dan pada tahap akhir dengan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan variabel Program Keluarga Harapan mempengaruhi variabel Pengentasan Kemiskinan di Kota Tanjungbalai sehingga pemerintah Kota Tanjungbalai harus bisa mempertahankan program bantuan ini agar masyarakat Kota Tanjungbalai dapat terbantu. Sedangkan menurut hasil penelitian kinerja pendamping menunjukkan bahwa secara signifikan Variabel Kinerja Pendamping memoderasi hubungan Program Keluarga Harapan terhadap Pengentasan Kemiskinan di Kota Tanjungbalai yang artinya Kinerja Pendamping dapat memperkuan pelaksanaan kegiatan PKH Dikota Tanjungbalai.


Keywords


Program Keluarga Harapan, Kinerja Pendamping, Pengentasan Kemiskinan

References


Arikunto, (2015), Menajemen Penelitian (Edis Kelima). Jakarta. Penerbit PT.Rineka Cipta.

Antoro, Hajar Hari. 2015. Efektivitas Pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Bidang Pendidikan Di Desa Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya, Skripsi tidak diterbitkan. Pontianak: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Tanjungpura Pontianak Publik A, Jurnal S1 Ilmu Administrasi Negara Volume 4 Nomor 4 Edisi 1.

Aprilia, Saraswati, 2018, Analisis Pengaruh Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap pengentasan kemiskinan dalam perspektif Ekonomi islam (Studi Pada Pekon Pandansurat Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu, Publik A, Jurnal S1 Ilmu Administrasi Negara Volume 3 Nomor 2 Edisi 1.

Astutik, Windi, 2018, Pengaruh Suku Bunga Dan Nilai Tukar Terhadap Harga Saham Syariah Dengan Inflasi Sebagai Variabel Moderating (Saham Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode Tahun 2012 2016), Jurnal Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Bobonis, G. & Finan, F. 2005. Endogenous social interaction effects in school participation in rural Mexico. Mimeo, University of California at Berkeley.

BPS Tanjungbalai. Jumlah Penduduk Miskin. (On-Line) tersedia di http://www.bps.go.id (diakses, April 2019)

Indrayani, Firma Kusuma, 2014, Efektivitas Program Keluarga Harapan di Desa Sugihwaras Kecamatan Saradan Kabupaten MadiunJurnal Publika, Vol. 2 No. 3.

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metode Penelitian Bisnis : Konsep & Aplikasi. Medan: UMSU Press.

Kartiawati, 2017, Analisis Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Pengentasan Kemiskinan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi pada peserta PKH Kampung Bonglai Kec. Banjit Kab. Way Kanan), UIN Sunan Intan Lampung.

Kementrian Sosial, Undang-undang No. 24 tahun 2004

Kementrian Sosial, 2015, Buku Saku Pendamping dan Operator PKH

Kementrian Sosial, 2019 Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan

Kementrian Sosial, UUD 1945 Pasal 34 ayat 1 serta Pasal 34 ayat 2 menjelaskan tentang jaminan sosial kepada masyarakat dan pasal 34 ayat 3

Kementrian Sosial,Undang-Undang nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak pada pasal 1 ayat 14

Keputusan Menteri Sosial No.10/HUK/2007,

Kholif, Khodiziah Isnaini, dkk. 2014. Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Menanggulangi Kemiskinan di Kecamatan DawarBlandong Kabupaten Mojokerto, Univesitas Brawijaya, Jurnal Administrasi Publik Vol 2, No 4.

Komite Penanggulangan Kemiskinan Republik Indonesia Tahun 2002, Buku Putih Penanggulangan kemiskinan di indonesia

Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, J., Muslih, M., & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 17. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/5/052052

Prawirosentono & Suryadi 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Sadewo, FX Sri, dkk, 2007, Buku-Masalah-Masalah Kemiskinan di SurabayaEdisi Revisi, Unesa University Press Surabaya.

Schultz, D.& Schultz, E. S. 2010. Psychology and work today (10 edition). New York: Pearson.

Sedarmayanti, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi, dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung, Refika Aditama.

Sekretariat Wakil Presiden Republik Indosia Tentang Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (2012), Perbaikan dan Perluasan Program Keluarga Harapan (PKH), Jakarta.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Bisnis, cetakan ke delapan belas, Penerbir Alfabeta Bandung.

Suradi dan B Mujiyadi, 2018, Kinerja Pendamping Sosial Pada Program Penanganan Kemiskinan Dan Kelompok Rentan di Kota TarakanSosio Konsepsia Vol. 7, No. 03.

Tim Koordinasi Teknis PKH Tanjungbalai Tahun 2018, Laporan Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Tanjungbalai Tahun 2017

TPP2K (2013), Program Keluarga Harapan (PKH): Program Bantuan Dana Tunai Bersyarat di Indonesia, Research Brief No. 42.

Utari, 2018, Kinerja Pelaksana Program Keluarga Harapan Kecamatan Di Kecamatan Ujungberung Kota Bandung Dari Tahun 2014-2016 Volume 21, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.