Efektifitas Komunikasi Guru Bimbingan Konseling terhadap Perkembangan Kepribadian dan Prestasi Siswa

Surya Surya

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Muhammadiyah 22 Kisaran kelas VIII dan IX tahun pembelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 378 orang, sedangkan sampel berjumlah 182 orang. Hasilnya diketahui komunikasi guru bimbingan konseling mempunyai pengaruh terhadap perkembangan kepribadian siswa di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran. Hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan korelasi variabel X (komunikasi guru bimbingan konseling) terhadap variabel Y (perkembangan kepribadian siswa), menghasilkan nilai 0,468, artinya variabel tersebut dalam kategori pengaruh yang sedang. Penghitungan analisis statistik berdasarkan pada teori komunikasi antarpribadi diperoleh hasil atau gambaran bahwa bentuk hubungan antarvariabel penelitian telah sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Hasilnya diketahui komunikasi guru bimbingan konseling mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan korelasi variabel X (komunikasi guru bimbingan konseling) terhadap variabel Y (prestasi belajar siswa), menghasilkan nilai 0,326, artinya variabel tersebut dalam kategori hubungan yang lemah.


Keywords


Komunikasi Antarpribadi, Guru, Konseling

Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Ibrahim, R. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: IMTIMA KBBI

Kholil, S. (2011). Teori Komunikasi Massa. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu hingga Massa. Jakarta : Kencana

Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pontoh, P. Widya (2012). Peranan komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan pengetahuan anak (studi kasus pada guru-guru di TK Santa Lucia Tuminting). Universitas Samratulangi Menado

Potter & Perry. (2005). Buku ajar Fundamental Keperawatan Volume 1. Jakarta: EGC.

Yusuf, S. dan Nurihsan. (2005). Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rakhmat, J. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rozaq, Fadli. (2013). Hubungan komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dengan keaktifan belajar siswa kelas IX program keahlian teknik otomotif di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah tahun ajaran 20012/2013. Universitas Negeri Yogyakarta

Senjaya, SD. (2007). Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soeparman. (2003). Bimbingan & Konseling pola 17. Yogyakarta: UCY Press

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian kuantitatif Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N,S. (2007). Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung: Rosda

Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yamin, M. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: GP Press

Zulkifli. L. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v2i1.3918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id