Efektifitas Komunikasi Guru Bimbingan Konseling terhadap Perkembangan Kepribadian dan Prestasi Siswa
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Muhammadiyah 22 Kisaran kelas VIII dan IX tahun pembelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 378 orang, sedangkan sampel berjumlah 182 orang. Hasilnya diketahui komunikasi guru bimbingan konseling mempunyai pengaruh terhadap perkembangan kepribadian siswa di SMP Muhammadiyah 22 Kisaran. Hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan korelasi variabel X (komunikasi guru bimbingan konseling) terhadap variabel Y (perkembangan kepribadian siswa), menghasilkan nilai 0,468, artinya variabel tersebut dalam kategori pengaruh yang sedang. Penghitungan analisis statistik berdasarkan pada teori komunikasi antarpribadi diperoleh hasil atau gambaran bahwa bentuk hubungan antarvariabel penelitian telah sesuai dengan hipotesis yang diajukan. Hasilnya diketahui komunikasi guru bimbingan konseling mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perhitungan korelasi variabel X (komunikasi guru bimbingan konseling) terhadap variabel Y (prestasi belajar siswa), menghasilkan nilai 0,326, artinya variabel tersebut dalam kategori hubungan yang lemah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Ibrahim, R. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: IMTIMA KBBI
Kholil, S. (2011). Teori Komunikasi Massa. Bandung: Remaja Rosdakarya
Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu hingga Massa. Jakarta : Kencana
Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Pontoh, P. Widya (2012). Peranan komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan pengetahuan anak (studi kasus pada guru-guru di TK Santa Lucia Tuminting). Universitas Samratulangi Menado
Potter & Perry. (2005). Buku ajar Fundamental Keperawatan Volume 1. Jakarta: EGC.
Yusuf, S. dan Nurihsan. (2005). Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rakhmat, J. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rozaq, Fadli. (2013). Hubungan komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dengan keaktifan belajar siswa kelas IX program keahlian teknik otomotif di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah tahun ajaran 20012/2013. Universitas Negeri Yogyakarta
Senjaya, SD. (2007). Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soeparman. (2003). Bimbingan & Konseling pola 17. Yogyakarta: UCY Press
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian kuantitatif Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N,S. (2007). Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung: Rosda
Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu
Yamin, M. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: GP Press
Zulkifli. L. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v2i1.3918
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Persepsi: Communication Journal
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id