Komunikasi Politik Etnis Tionghoa dalam Mengungkap Identitas Relasi Sosial dan Politik (Studi pada Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan)

Taufik Hidayat

Abstract


Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma dramaturgi Erving Goffman dan etnik situasional Fredrik Barth dan tidak terlepas dari dukungan teori meskipun peneliti kualitatif beranggapan bahwa mereka justru harus membebaskan dirinya dari tawanan suatu teori. Analisis dilaksanakan sepanjang penelitian berlangsung, data dikategorikan dan diklasifikasikan sesuai dengan tema dan model. Untuk menjaga keabsahan data yang diperoleh, peneliti melakukan konfirmasi dengan mendatangi kembali informan setelah hasil wawancara sebelumnya diklasifikasi berdasarkan fokus penelitian. Kesimpulan penelitian bahwa prinsipnya para anggota DPRD Kota Medan periode 2009-2014 dari etnik Tionghoa memiliki motivasi yang sama dalam mencalonkan diri, yakni untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan etnik Tionghoa. Bentuk komunikasi politik yang umum dipergunakan oleh para anggota DPRD Kota Medan periode 2009-2014 adalah dialog, tatap muka dan kunjungan. Dalam menerapkan strategi dramaturgi dalam pengelolaan panggung, terdapat beragam atribut dan simbol simbol yang menjadi pembeda untuk mengidentifikasi identitas etnis Tionghoa sebagai anggota DPRD Kota Medan.


Keywords


Dramaturgi, Komunikasi Politik, Tionghoa

Full Text:

PDF

References


Barba, Eugenio (2005). The Paper Canoe, London: Routledge

Barth, Frederik. (2001). Kelompok Etnik dan Batasannya. Terjemahan Nining I Susilo Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Cangara, Hafied. (2009). Komunikasi Politik. Jakarta: Rajawali Pers

Idrus Muhammad. (2009), Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, edisi kedua, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media , Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy. (2006), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya. ______________, (2002). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Nimmo, Dan. (2006). Komunikasi Politik, Khalayak dan Efek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Samuel P. Huntington dan Joan Nelson. (2001). Partisipasi Politik di Negara Berkembang, (Jakarta: Rineka Cipta)

Sastroadmodjo, Sudijono. (2005). Perilaku Politik, Semarang; IKIP Semarang Press

Surbakti Ramlan. (2009). Memahami Ilmu Politik, Jakarta : Grasindo

Suryadinata, Leo. (2002). Negara dan Etnik Tionghoa: Kasus Indonesia. Jakarta: Pustaka LP3ES




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v2i1.3936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id