Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Perilaku Komunikasi Siswa

Arifana Arifana

Abstract


Kajian dalam penelitian ini fokus pada media sosial Facebook karena platform tersebut sangat intens dan masif digunakan semua kalangan anak-anak sampai dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara penggunaan Facebook terhadap perilaku komunikasi siswa dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 155 orang yang aktif menggunakan Facebook, sedangkan sampel 61 siswa Madrasah Tsanawiyah Aisyiyah yang duduk di kelas VII, VIII dan IX dengan menggunakan teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data ialah berupa angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Facebook terhadap perilaku komunikasi siswa Madrasah Tsanawiyah Aisyiyah Wilayah Sumatera Utara baik secara keseluruhan (simultan) maupun secara individu (parsial).


Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro dkk, (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung : Sembiosa Rekatama Media

Arifin, Hasnul. (2009). Nongkrong Asyik di Internet Dengan Facebook. Jakarta: Buku Kita

Arifin, Anwar. (2006). Ilmu Komunikasi : Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Rajawali Pers

Arikunto, Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta

Berger, Charles R, dkk. (2015). Handbook Ilmu Komunikasi. Bandung: Nusa Media.

Budiargo, Dian. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Bungin, Burhan. (2008) Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat.Jakarta: KENCANA

Danang Sunyoto dan Setiawan, Ari, (2013). Buku Ajar Statistik, Yogyakarta: Nuha Medika.

Deswita, 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjanaya. (2005). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung, PT Remaja Rosdakarya

______________________, (2004). Dinamika Komunikasi, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

_____________________, (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti

Eysenbach, G. (2008). Medicin 2.0: Social Networking, Collaboration, Participation, Apomediation, and Openness. Journal of Medical Internet Research 2008; 10(3): e22

Hardjana, Agus. (2007). Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius Media.

Kincaid, Lawrence dan Schramm, Wilbur. (2007). Asas-Asas Komunikasi Antarmanusia (terjemahan: Agus Setiadi). Jakarta: LP3ES-EWCI.

Mardalis, 2003. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Cet.VI, Jakarta, Bumi Aksara

Mardiana, Wati dan Rizky, A, R, (2009). 5 Jam Menjadi Terkenal Lewat Facebook, Bandung : C.V Yrama Widya.

Marhaeni, Fajar. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Jakarta: Graha ilmu.

McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Mulyana, Deddy (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, (Bandung, PT Remaja Rosdakarya,

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial. Remaja, Bandung: Rosdakarya,

Rakhmat, Jalaluddin, (2011). Psikologi Komunikasi; Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Riduwan (2006). Metode Dan Teknik Menyusun Tesis Bandung: Alfabeta.

Rivai,Veithzal, (2009). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: Rajawali Press.

Rusman, dkk, (2011), Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada

Santrock, John W. (2003), Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Sanusi, A, (2003). Metodologi Penelitian Praktis, Malang: Buntara Media.

Saputra, Angga. (2010). Analisis Pengaruh Kepuasan, Kualitas, Dan Experiential Marketing Terhadap Word Of Mouth Situs Jejaring Sosial Facebook Pada Mahasiswa Fe Undip Semarang. Skripsi Universitas Dipenogoro

Rumini, Sri dan Sundari, S (2004), Perkembangan Anak dan Remaja,Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Sugiono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Bandung, Alfa Beta

_______, (2006). Statistik Untuk Penelitian,Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang, (2013). Statistik Non Parametrik. Yogyakarta: Nuha Medika.

______________, (2005). Statistika untuk Penelitian, Bandung, Alfa Beta

Suranto, AW. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Umar, Husein, (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta:PT.Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sumber lain.

APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia). 2016. Survey Penetrasidan Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Halaman: 10. https://apjii.or.id/survei2016/download/3zkcUWB5KLNporYEVFR4A0tIuDZehf/https://www.apjii.or.id/. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2018

Inayah, M. 2014. Komunikasi Antarpribadi. [Online]. Tersedia: http://digilib.uinsby.ac.id/513/4/Bab%202.pdf, diakses pada 3 Juni 2019.




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v2i2.3940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id