Peranan RRI Medan dalam Meningkatkan Kesadaran Memilih Masyarakat Pada Pemilukada 2018

Syawilda Syawilda, Nurhanah Nasution

Abstract


Kajian dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan lembaga penyiaran publik RRI Medan dalam meningkatkan kesadaran memilih masyarakat pada Pemilukada 2018 dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RRI Medan berperan terhadap Pemilukada dalam meningkatkan kesadaran memilih masyarakat dalam menyampaikan informasi, pendidikan, kontrol sosial, menghubungkan masyarakat dan membentuk pendapat umum. Namun kesadaran memilih masyarakat tidak bisa disamaratakan karena ada faktor-faktor pendukung untuk menumbuhkan minat yaitu jenis kultur politik dimana individu itu tumbuh darinya atau kepribadian politik yang terbentuk darinya, berbagai revolusi dari perubahan budaya yang terjadi dimasyarakat, berbagai kemampuan dan kecakapan khusus yang dimiliki individu, juga tingkat pendidikannya.

 


Keywords


RRI, Pemilukada, Agenda Setting.

DOI:

https://doi.org/10.30596/persepsi.v2i2.3943


Full Text:

PDF

References


Basrowi, Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Kriyantono, Rachmat. (2006), Teknik Praktis Riset Komunikasi, Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Martono, Nanang. (2015). Metode Penelitian Sosial: Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Moleong, Lexy. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mufid, Muhamma., (2005). Komunikasi Dan Regulasi Penyiaran. Jakarta: Kencana.

Nuruddin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: PT. RajaGrafindo Indonesia.

Surbakti, Ramlan. (2007). Memahami Ilmu Politik, Jakarta: Grasindo.

Tamburaka, Apriadi, (2012). Agenda Setting Media Massa, Jakarta: PT. RajaGrafindo Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Alamat Redaksi PERSEPSI: Communication Journal:
Magister Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Jl. Denai No 217, Indonesia
Kontak: Muhammad Thariq (081264302929)
Website : http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/persepsi
email: persepsi@umsu.ac.id

 

 PERSEPSI: Communication Journal Terindeks:

 

 

View My Stats