Analisis Framing Reuni 212 Pada Acara Indonesia Lawyer Club di TVOne

Nur Mahdi, M. Ferdinan Sembiring

Abstract


Tujuan dalam kajian penelitian ini adalah peneliti ingin membingkai persoalan Reuni Akbar 212 di dalam talk show Indonesia Lawyer Club di TVOne. Bagaimana para narasumber menyikapi persoalan tersebut menggunakan analisis framing. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis framing model Robert N. Entman.. Hasil penelitian ini adalah Reuni 212 adalah sebuah acara yang diselenggarakan oleh Presidium Alumni 212 di lapangan Monas untuk merayakan satu tahun Aksi 212 yang menuntut pengambilan tindakan hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahja Purnama (Ahok). Reuni 212 diselenggarakan pada tanggal 02 Desember 2017 sebagai bentuk aksi propaganda positif yang dilaksanakan masyarakat umat Islam untuk menunjukkan sebuah kebenaran dan menimbulkan rasa kepercayaan yang begitu besar.


Keywords


Framing, Talk Show, Reuni 212

Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada

_____________ (2012). PengantarIlmuKomunikasi. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada

_____________(2004). Pengantar Ilmu Komunikasi (Cetakan Keempat). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cangara, Hafied. (2003). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

______________(2002). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: KencanaPrenada Group.

Effendy, Onong Uchjana. (2011). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

______________(2005). Dinamika Komunikasi, Jilid III, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Elvinaro, Ardianto. (2014). Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Bandung: Simbiosa Rekataman media.

______________ (2004). Komunikasi Massa, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Eriyanto. ( 2010). Analisis Framing, Konstruksi, Ideologi Dan Politik Media, Jakarta: Rineka Cipta

_____________(2002). Analisis Framing, Yogyakarta: LKIS

Kriyantono, Rakhmat. (2006). Teknik Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana.

Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

McQuail, Dennis. (2005). Teori Komunikasi Massa. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Nawawi. (2005). Penelitian Penerapan, Yogyakarta: Gajah Mada University.




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v2i2.3952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id