Kompetensi Komunikasi Pimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Di Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara

Safnal Rasyad Kabu, Rudianto ,, Ribut Priadi

Abstract


Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara mempunyai tugas melaksanakan tugas dan fungsi Kementerian Agama dalam wilayah kabupaten/kota berdasarkan kebijakan Kepala Kantor Wilayah kementerian Agama Provinsi dan ketentuan perundang-undangan yang tercantum dalam Berita Negara Republik Indonesia No. 1736, 2015, perihal Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2015 tentang pembentukan, organisasi, dan tata kerja 33 (tiga puluh tiga) Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota. Untuk menjalankan amanat tersebut, diperlukan adanya komunikasi yang baik antara pimpinan terhadap para pegawai untuk meningkatkan kinerja institusi secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan survey dan penyebaran kuisioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai di kantor Kementerian Agama Kabupaten Nias Utara, berjumlah 63 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi komunikasi pimpinan (X) memberikan pengaruh sebesar 70.7% terhadap kinerja pegawai (Y) sedangkan 29.3% merupakan pengaruh yang diberikan oleh faktor atau variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini menemukan kesimpulan penting bahwa hipotesis dalam penelitian ini telah terbukti bahwa kompetensi komunikasi pimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.


Full Text:

PDF

References


Bernardin, H., J. (2003). Human resources management: An experiential approach(3rded.). New York, NY: McGraw-Hill/Irwin.

Gibson, S., K. (2004). Social learning (cognitive) theory and implications for human resource development. Advances in Developing Human Resources, 6(2), 193-210.

Hasibuan, M. (2006). Manajemen dasar, pengertian dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hovland, C., L. (2007). Definisi komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mangkunegara. (2010). Evaluasi kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.

Mathis, R L., & John H., J. (2002). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Muhammad, A. (2005). Komunikasi organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyana, D. (2011).Ilmu komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya.

Pace, R.W., dan Faules, D., F. (2005). Komunikasi organisasi: Strategi meningkatkan kinerja perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Payne, H., J. (2005). Reconceptualizing social skills in organizations: Exploring the relationship between communication competence, job performance, and supervisory roles. Journal of Leadership & Organizational Studies, 11(2), 63-77.

Ruky, A.S. (2002). Sistem manajemen kinerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono.(2012). Metodologi penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tubbs, S., L. dan Moss, S.(1996). Human communication (2nded.). New York: Random House.

Udaya, Y. (1997). Pengantar ilmu manajemen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id