Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi

Dian Nurvita Sari, Abdul Basit

Abstract


Fenomena penggunaan media sosial sebagai media edukasi parenting dikalangan ibu muda tak lepas dari kemajuan teknologi yang diiringi dengan kemunculan internet. Sebelumnya para ibu muda akan berorientasi kepada pengalaman orang tua terdahulu mengenai bagaimana cara mengasuh, merawat dan mendidik anak-anak mereka. Kini informasi edukasi mengenai parenting telah mengalami pergeseran bukan lagi dengan media offline namun telah mengarah pada platform online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Objek penelitian adalah follower akun instagram @parentalk.id yang merupakan ibu muda. Sedangkan subjek dari penelitian adalah aliran informasi dalam implementasi new media yakni postingan pada akun instagram @parentalk.id. Penggunaan media sosial Instagram sebagai media edukasi khususnya pembelajaran tentang parenting untuk mencari informasi mengenai parenting oleh followers akun instagram @parentalk.id ini menghasilkan sebuah respons kognitif (informasi), afektif (emosi) dan behavioral (tindakan) dalam mengakses, melihat, dan mencari postingan akun instagram @parentalk.id.


Full Text:

PDF

References


Afrilia, Ascharisa Mettasatya. 2017. Penggunaan New Media Di Kalangan Ibu Muda Sebagai Media Parenting Masa Kini. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media 1(1).

Arindita, Ruvira. 2017. Representasi Ibu Ideal Pada Media Sosial ( Analisis Multimodality Pada Akun Instagram. 6:13147.

Asiodu, Ifeyinwa V., Catherine M. Waters, Dawn E. Dailey, Kathryn A. Lee, and Audrey Lyndon. 2015. Breastfeeding and Use of Social Media among First-Time African American Mothers. Journal of Obstetric, Gynecologic & Neonatal Nursing 44(2):268278.

Baker, Sabine, Matthew R. Sanders, and Alina Morawska. 2017. Who Uses Online Parenting Support? A Cross-Sectional Survey Exploring Australian Parents Internet Use for Parenting. Journal of Child and Family Studies 26(3):91627.

Bin-Tahir, Saidna Zulfiqar, Muhammad Amri, Andi Mukarramah Nagauleng, Amirah Diniaty, and Ibnu Hajar. 2019. The Social Media Use For Digital Natives: Parenting Model Of Muslim Cleric Families. 8(11):5.

Celuch, Kevin, Stephen Goodwin, and Steven A. Taylor. 2007. Understanding Small Scale Industrial User Internet Purchase and Information Management Intentions: A Test of Two Attitude Models. Industrial Marketing Management 36(1):10920.

Churchill, Harriet, and Karen Clarke. 2010. Investing in Parenting Education: A Critical Review of Policy and Provision in England. Social Policy and Society 9(1):3953.

Duggan, Maeve, Amanda Lenhart, Cliff Lampe, and Nicole B. Ellison. 2015. Parents and Social Media. Pew Research Center 137.

Erlanti, Mutiara Suci, and Nandang Mulyana. 2016. Penerapan Teknik Parenting Di Rumah Parenting Yayasan Cahaya Insan Pratama Bandung. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masayarakat 3(2):155291.

Gumilar, Gumgum, Ipit Zulfan, Fakultas Ilmu Komunikasi, and Universitas Padjadjaran. 2014. Penggunaan Media Massa Dan Internet Sebagai Sarana Penyampaian Informasi Dan Promosi Pengelola Industri Kecil Dan Menengah Di Bandung. Kajian Komunikasi V2(1 Jun 2014):8592.

Haslam, Divna M., Amelia Tee, and Sabine Baker. 2017. The Use of Social Media as a Mechanism of Social Support in Parents. Journal of Child and Family Studies 26(7):202637.

Hu, Yuheng, Lydia Manikonda, and Subbarao Kambhampati. 2014. What We Instagram : A First Analysis of Instagram Photo Content and User Types. Proceedings of ICWSM. AAAI. 4.

Huang, Yi Ting, and Sheng Fang Su. 2018. Motives for Instagram Use and Topics of Interest among Young Adults. Future Internet 10(8).

Jackson, Timothy J., Christine E. Stake, Youssef El Bitar, Dror Lindner, Itamar Botser, and Benjamin G. Domb. 2013. Surgical Dislocation of the Hip versus Arthroscopic Treatment of Femoro-Acetabular Impingment: A Prospective Comparative Study with 2-Year Follow-Up. Orthopaedic Journal of Sports Medicine 1(4).

Kim, Kyung Sun, Sei Ching Joanna Sin, and Yuqi He. 2013. Information Seeking through Social Media: Impact of User Characteristics on Social Media Use. Proceedings of the ASIST Annual Meeting 50(1).

Kurniawan, Puguh. 2017. Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Jurnal Kompetensi 11(02):21725.

Mehrad, Jafar, and Pegah Tajer. 2016. Uses and Gratification Theory in Connection with Knowledge and Information Science: A Proposed Conceptual Model. International Journal of Information Science and Management 14(2):114.

Mutmainah, S., and A. Fauzi. 2002. Psikologi Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Pittman, Matthew, and Brandon Reich. 2016. Social Media and Loneliness: Why an Instagram Picture May Be Worth More than a Thousand Twitter Words. Computers in Human Behavior 62:155167.

Rpke, Inge. 2009. Theories of PracticeNew Inspiration for Ecological Economic Studies on Consumption. Ecological Economics 68(10):24902497.

Sari Puspita, Meutia. 2017. Fenomena Penggunan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik 4(2):113.

Schroeder, Wilma K. 2017. Leveraging Social Media in #FamilyNursing Practice. Journal of Family Nursing 23(1):5572.

Simpson, A. Rae. 1997. The Role of the Mass Media in Parenting Education.

Study, Breakup. 2006. Journal of Broadcasting & Electronic Media. Journal of Broadcasting & Electronic Media (776102498):3741.




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4428

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id