Digital Branding @Arisancuankita Melalui Sosial Media Instagram

Karina Widia Sari Supriatna, Dasrun Hidayat

Abstract


Dalam menunjukkan keberadaan sebuah usaha terdapat berbagai macam sarana yang dilakukan oleh para pemilik usaha salah satunya adalah media sosial. Media sosial telah berkembang secara signifikan dari zaman ke zaman. Salah satu media sosial yang banyak dipakai oleh masyarakat adalah Instagram. Instagram selain untuk komunikasi tatapi juga bisa dipakai untuk pemarasan sebuah usaha dan juga menunjukkan keberaadan atau ekistensi sebuah usaha sama halnya dengan @arisancuankita dalam menaunjukkan eksistensinya kepada masyarakat. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui digital branding @arisancuankita melalui media sosial instagram, dan untuk mengetahui penyajian informasi @arisancuankita. Model komunikasi AIDDA (Awareness, Interest, Desire, Decision, and Action) merupakan teori yang dipakai untuk penelitian ini. Metode penelitian yang dipakai adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian in ditentukan dengan purposive sampling. Hasil penelitian ini diketahui bahwa @arisancuankita dalam digital branding dengan menggunakan model komunikasi AIDDA (Awareness, Interest, Desire, Decision, and Action) mendapatkan citra yang baik dalam menjalankan arisan online. dan penyajian informasi @arisancuankita di Instagram fokus dalam informasi yang membuat publik percaya bahwa @arisancuankita memiliki citra arisan online yang positif.

Full Text:

PDF INDONESIA

References


Andriadi, F. (2016). Demokrasi di Tangan Netizen. Jakarta: Rmbooks.

Back, L. (2018). Digital Brand Management: A Company and Consumer Perspective. Arcadia Working Paper, 1-28.

Cangara, H. (2013). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada .

Dodwani, B., & Agarwal, S. (2017). Digital Branding. International Journal of Research and Development -A Management Review (IJRDMR), 6.1, 31- 36.

Dodwani, B., & Agarwal, S. (2017). Digital Branding. International. Journal of Research and Development -A Management Review (IJRDMR), 6.1, 31- 36.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Elvinaro, S. S. (2005). Dasar-Dasar Publik Relations. Bandung: PT Remaja Rosadakarya,.

Ferbita, L. V., Setianti, Y., & Dida, S. (2020). Strategi Digital Branding Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Melalui Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 16.2, 113-136.

Fitriani, Y. (2017). Analisis pemanfaatan berbagai media sosial sebagai sarana penyebaran informasi bagi masyarakat. Paradigma-Jurnal Komputer dan Informatika, Vol. 19. No. 2, 148-152.

Gatti, R. S. (2018). Strategi Branding pada Persaingan Jasa Transportasi Online di Indonesia Berdasarkan Konsep Blue Ocean Strategy (BOS). Skripsi Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Herman, L. E., & Athar, H. S. (2018). Pengembangan Model Social Media Marketing dan Keputusan Berkunjung: Sebuah Pendekatan Konseptual. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 5.2, 147-155.

Hidayanto, S., & Kartosapoetro, I. S. (2020). Strategi digital branding pada startup social crowdfunding: Studi kasus pada kitabisa. com. Jurnal KOMUNIKATIF, 19-33.

Hutauruk, I. T. (2018). Analisis Hukum Pelaksanaan Para Pihak Arisan Online Menurut Hukum Perdata (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor. 106/Pdt. G/2017/PN Plk). Skripsi Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

Irawan, A. M. (2020). ANALISIS PERSONAL BRANDING AKUN@ SIKONYOLS DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi Universitas Sriwijaya.

Jefkins, F. (2002). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity. England.

Kotler, K., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. (M. Bob Sabran, Penerj.) Jakarta: Erlangga.

Latiff, Z. A., & Safiee, N. A. (2015). New business set up for branding strategies on social mediaInstagram. Procedia Computer Science 72, (hal. 13-23).

Leliana, I., & Agusta, V. (2019). Strategi humas kementerian perindustrian dalam menginformasikan layanan publik melalui youtube. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 6.2, 110-119.

Lipiinen, H., & Karjaluoto, H. (2015). Industrial branding in the digital age. Journal of Business and Industrial Marketing, 30.6 .

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perpektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin, N. (2013). Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi. Jurnal Komunikator, Vol.5 No.2.

Pohan, A. (2018). Fenomena penipuan berkedok arisan online dikaitkan dengan Hukum Pidana Indonesia. Skripsi Universitas Parahyangan.

Rimawaty, L. (2019). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Branding Pada Dream.Co.Id (Studi Deskriptif Kualitatif pad Iklan Dream Resolusi Cantik). Skripsi Universitas Sultan Agen Tritayasa.

Rudianto. (2015). Komunikasi dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Simbolika, 1(1), 112.

Rudianto, B., & Hendra, Y. (2021). Communication of Covid-19 Pandemic Disaster in Indonesia. Utopa y Praxis Latinoamericana, 26(1), 4654.

Rudianto, R., & Anshori, A. (2020). News Framing on Malay Deli Culture in medan.tribunnews.com Online Media. Komunikator, 12(2). https://doi.org/10.18196/jkm.122041

Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Retnasary, M. (2019). Penerapan Digital branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. JURNAL SOSIAL & ABDIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), Vol.1 No.1, 11-17.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, I., Zulfikri, A., & Muhariani, W. (2021). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Kampanye Untuk Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), 8.1, 93-101.

Utami, F. A. (2021, Juli 21). Raja Branding: Jika Produk Tak Mampu Terjual, Maka Biarkan Branding yang Bekerja. Diambil kembali dari wartaekonomi.co.id: https://www.wartaekonomi.co.id/read351251/raja-branding-jika-produk-tak-mampu-terjual-maka-biarkan-branding-yang-bekerja




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v4i2.8153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id