Analisis Semiotika Foto Jurnalistik Debat Calon Presiden 2019 di Surat Kabar Kompas dan Waspada

Septianda Perdana

Abstract


Foto jurnalistik di surat kabar memiliki peran dalam melibatkan perasaan dan membangkitkan emosi pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis yang semiotika makna foto jurnalistik pada debat calon presiden 2019 di surat kabar Kompas dan Waspada. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kritis dengan metode desktriptif kualitatif pendekatan analisis semiotika Roland Barthes yang merujuk pada makna denotatif, konotasi dan mitos. Surat kabar mempunyai fungsi sebagai pemberi informasi kepada khalayak, informasi bisa berupa tulisan dan juga foto yang termuat. Foto yang menjadi salah satu bagian dari media massa mampu memberikan penjelasan secara virtual dalam suatu berita. Selain untuk kebutuhan berita, foto mempunyai pesan berita tersendiri yang ingin disampaikan melalui sebuah visual. Hasil penelitian di surat kabar Kompas dan Waspada menyajikan beragam karakter foto jurnalistik agar khalayak diajak untuk melihat, menikmati, dan berimajinasi lebih dalam mengenai sebuah peristiwa. Peneliti menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes untuk menganalisis makna dan pesan dalam foto jurnalistik atau berita. Kelima foto di analisis dilakukan secara kualitatif dengan unit analisis denotasi, konotasi dan mitos dijabarkan dengan menggunakan enam prosedur penelitian milik Barthes, yaitu Trick Effect, Object, Pose, Photogenia, Aestheticism, dan Syntax yang berarti menafsirkan tanda-tanda dalam foto sesuai dengan pemahaman dan pengalaman peneliti, sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan secara detail dan mendalam.


Full Text:

PDF INDONESIA

References


Barthes, R. (1994). Myth Today. John Storey (Ed.), Cultural Theory and Popular Culture: A Reader, New York:Harvester Wheaatsheet., 23.

Don Michael Flournoy. (1989). No Title. Gajah Mada University Press.

Effendy, O. U. (2005a). Ilmu Komunikasi dalam Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (2005b). Ilmu Komunikasi dalam Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Maksum, Z. (2001). Menguak Belantara Foto Jurnalistik. Fantasma.

McQuail, D. (1987). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Erlangga.

Tanjung, N. (2018). Kebijakan Editorial Surat Kabar Harian Medan Bisnis dalam Pemberitaan Masalah Ekonomi dan Bisnis. Persepsi, 1(1), 1548.

Wijaya, T. (2014). Foto Jurnalistik. Gramedia Pustaka Utama.

Yuli Motinda Soraya. (2021). Komunikasi Terapeutik Dokter dan Paramedis dalam Pelayanan Kesehatan di RSUP Adam Malik Medan. Persepsi, 4(1), 8088.




DOI: https://doi.org/10.30596/persepsi.v4i2.8157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


Persepsi: Communication Journal

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Pascasarjana
Jl. Denai No. 217 Medan 20226
Sumatera Utara-20238
E-mail: persepsi@umsu.ac.id