Pengaruh Beberapa Zat Pengatur Tumbuh Alami Dengan Lama Perendaman Terhadap Pertumbuhan Stek Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia Swingle)

Farida Hariani, Suryawaty Suryawaty, Mutia Liza Arnansi

Abstract


Upaya untuk memacu peningkatan kualitas dan kuantitas produksi jeruk nipis di Indonesia dilakukan dengan melihat berbagai kendala yang masih terdapat pada budidaya tanaman ini. Penerapan teknologi baru seperti zat pengatur tumbuh tanaman adalah salah satu solusinya Penelitian dilaksanakan di Lahan Percobaan di Jalan Mardisan, Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Deli Serdang, pada bulan Februari sampai Mei 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi beberapa jenis zat pengatur tumbuh alami dengan lama perendaman terhadap pertumbuhan stek jeruk nipis (Citrus aurantifolia Swingle). Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK), sedangkan rancangan perlakuannya adalah Faktorial, yang terdiri atas dua faktor yang diteliti, yaitu : 1. Faktor Zat Pengatur Tumbuh (Z) dengan 3 taraf: Z1: Ekstrak Tauge, Z2: Ekstrak Bawang Merah, Z3 :Ekstrak Bonggol Pisang. 2. Faktor Lama Perendaman (P) dengan 3 taraf: P1: 2 jam perendaman, P2: 4 jam perendaman, P3: 6 jam perendaman, dengan 3 ulangan. Peubah pengamatan yang diamati: Umur Muncul Tunas (hari), Panjang Tunas (cm), Jumlah daun (helai), Jumlah Tunas , Berat basah (g) dan Berat kering (g). Aplikasi ZPT alami berpengaruh pada panjang tunas dengan perlakuan terbaik ekstrak bonggol pisang dan berat basah pada perlakuan terbaik ekstrak bawang merah. Lama perendaman berpengaruh pada umur muncul tunas dengan 6 jam perendaman. interaksi Aplikasi ZPT alami dan lama perendaman berpengaruh tidak nyata terhadap semua parameter pengamatan.

Keywords


ZPT Alami, Lama Perendaman, Pertumbuhan Stek, Jeruk Nipis

Full Text:

PDF

References


Setyo, 2014. Jeruk Kalamansi/Sulut Iptek Sulawesi Utara, Ilmu Pengetahuan danTeknologi.

Widyastuti, N dan D. Tjokokusumo, 2001. Peranan Beberapa Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) pada Kultur In vitro. www. Iptek. net. id. Diakses tanggal 19 desember 2015.

Prabowo, A.Y. 2007. Teknis Budidaya Jeruk. http://teknisbudidaya. blogspot. com/2007/10/budidaya-jeruk.html. Diakses tanggal 19 Desember 2015.

Purnomosidhi, Suparman, J.M. Roshetko, dan Muawarman. 2002. Perbanyakan dan Budidaya Tanaman Buah-buahan dengan Penekanan pada Durian, Mangga, Jeruk, Melinjo dan Sawo: Pedoman Lapang. Bogor.

Istyantini, M.T.E. 1996. Pengaruh Konsentrasi dan Macam Zat Pengatur Tumbuh Tumbuh Alami terhadap Perakaran Stek Pucuk Berbagai Varietas Krisan (Chrysantemum sp). Agronomi. Fakultas Pertanian. Universitas Jember

Rochiman, K. dan S.S, Haryadi. 1973. Pembiakan Vegetatif. Yenny V. Monique, 2007. Pengaruh Berbagai Konsentrasi Air Kelapa terhadap Pembentukan Bunga dan Pertumbuhan Akar Stek Mi Hong (Agaria odorata lout) Primordia Volume 3, Nomor 1. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga. Hal. 44.

Astuti dan Y. Amilah, 2006. Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Taoge dan Kacang Hijau pada Media Vacin dan Went (VW) terhadap Pertumbuhan Kecambah Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis L.). Buletin Penelitian No. 09.

Leopold, A. C. 1963. Auxin and Plant Growth. Univ. California Press. Berkeley. Los Angeles.

Satyavathi, V.V. P.P. Jauhar, E.M. Elias, and M.B. Rao. 2004. Genomics, Molecular Genetic and Biotechnology Effects of Growth Regulators on in Vitro Plant Regeneration. Crop Sci. 44:1839 1846.

Diana, Novita, S. Surti Kurniasih, dan R. Teti Rostikawati, 2012. Pengaruh Pemberian Mikroorganisme Lokal (MOL) Bonggol Pisang Nangka terhadap Produksi Rosella. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor.

Artikesiana. 2016. Hormon Tumbuhan dan Fungsinya. http://www. artikelsiana. com /2015/03/macam-hormon-tumbuhan-fungsi- jenis.html. diakses pada tanggal 25 Juli 2016

Dwidjioseputro. 1994. Pengantar Mikologi. Malang

Rahayu, E dan N. Berlian. 1997. Bawang Merah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Davies, P.J. 1995. The Plant Hormone Their Nature Occurence and Function. Davie (ed.) Plant Hormone and Their Role in Plant Growth Development. Dordrecht Martinus Nijhoff Publisher.

Franklin. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Tanijogonegoro, 2012. Hormon Tumbuhan. http://www.tanijogonegoro. com /2012/11/hormon-tumbuhan-atau- zpt-zat-pengatur.html

Hanafiah, 1997. Fisiologi Tanaman Budidaya. Universitas Indonesia. Jakarta

Gomez, K.A dan Gomez, A.A. 1995. Posedur Statistika untuk Penelitian Pertanian. (Terjemahan A. Sjamsuddin dan J.S. Baharsyah). Edisi Kedua. UI Press. Jakarta

Steel, R.G.D. dan Torrie, J.H. 1991. Prinsip dan Prosedur Statistika : Suatu Pendekatan Biometrik. (Terjemahan Bambang Sumantri). Gramedia. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.30596/agrium.v21i2.1871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.