Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Buah Pepaya Impor Di Kota Medan

Akbar Habib, Risnawati Risnawati

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu  untuk menganalisis apakah faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan seperti harga barang itu sendiri, barang substitusi, pendapatan konsumen, dan tingkat pendidikan konsumen berpengaruh nyata terhadap permintaan buah pepaya impor di Kota Medan. Untuk menjabarkan hipotesa, maka analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda dengan menambahkan uji asumsi klasik untuk menguji tingkat keakuratan data sebelum interpretasi model dilakukan.  Tujuan jangka panjang dalam penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor apa yang menyebabkan konsumen lebih memilih produk impor daripada produk lokal.Hasil dari penelitian ini variabel harga buah impor (X1) dan variabel pendidikan (X3) dinyatakan berpengaruh nyata terhadap permintaan buah pepaya impor di Kota Medan. Sedangkan variabel harga pepaya lokal (X2) dan pendapatan (X4) dinyatakan tidak berpengaruh nyata terhadap permintaan.  Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi penentu kebijakan dalam mengambil langkah strategis untuk melindungi produk lokal dalam persaingannya dengan produk – produk lain pada masa perdagangan bebas

Keywords


Demand, Papaya, Import, Education, Revenue

DOI:

https://doi.org/10.30596/agrium.v21i2.1872


Full Text:

PDF

References


Hutabarat, B dan Adi Setyanto, 2007. Komoditas Jeruk Indonesia di Persimpangan Jalan Pasar Domestik dan Internasional. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Yogyakarta.

Nisa, N. 2013. http://cwts.ugm.ac.id/2013/04/politikperdagangan buah-impor-indonesia-tahun-2011-2012/

Elhida, R. 2013. http://finance.detik.com/read/2012/06/18/121550/1943835/4/impor pisang-jeruk hingga-pepaya-tembus-rp-26 triliun?f990101mainnews.

Direktorat Jenderal Hortikultura, 2013. http://hortikultura.deptan.go.id/

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Alfabeta. Bandung.

Walpole, R. E. 1992. Pengantar Statistik Edisi 3. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian is abstracting & indexing in the following databases:

   

 

 

agrium