Pengaruh Zat Pengatur Tumbuh dan Bio Urin Sapi Terhadap Pertumbuhan Bibit Kakao (Theobroma cacao L.)

Sri Utami, Mukhtar Iskandar Pinem, Suheriyan Syahputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh zat pengatur tumbuh IAA dan bio urin sapi terhadap pertumbuhan bibit kakao.Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Faktorial dengan 2 faktor, yaitu faktor pemberian Zat Pengatur Tumbuh IAA (A) dengan 3 taraf, yaitu A0 (Tanpa perlakuan), A1 (1 g/liter air) dan A2 (2 g/liter air). Faktor kedua yaitu faktor pemberian Bio urin Sapi (S) dengan 3 taraf, yaitu S0 (Tanpa perlakuan), S1 (100 ml/liter air/polybag) dan S2 (200 ml/liter air/polybag).Terdapat 9 kombinasi perlakuan dengan 3 ulangan. Parameter yang diukur adalah tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), luas daun (cm2), diameter batang (cm). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian Zat Pengatur Tumbuh IAA memberikan pengaruh yang nyata terhadap parameter luas daun.Perlakuan terbaik pemberian ZPT IAA adalah 2 g/l air.Pemberian Bio Urin Sapi memberikan pengaruh yang nyata terhadap parameter luas daun. Perlakuan terbaik pada Bio Urin Sapi adalah 200 ml/l air/polybag. Terdapat interaksi dari pemberian zat pengatur tumbuh IAA dan Bio Urin Sapi terhadap diameter batang bibit kakao

Keywords


Zat Pengatur Tumbuh IAA, Bio Urin Sapi, Pertumbuhan, Bibit Kakao.

Full Text:

PDF

References


Wahyudi,T., Panggabean, T.R., dan Pujiyanto. 2008. Panduan Lengkap Kakao Manajemen Agribisnis dari Hulu hingga Hilir. Penebar Swadaya. Jakarta.

Siregar, T.H.S., Riyadi. S., dan Nuraeni. L, 2010.Cokelat.Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran. Penebar Swadaya. Jakarta.

Herman. 2000. Peranan dan Prospek Pengembangan Komoditas Kakao dalam Perekonomian Regional Sulawesi Selatan. Warta Pusat penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, 16 (1):21-31.

Sutardi dan Hendrata, R. 2009. Respon Bibit Kakao Pada Bagian Pangkal, Tangah dan Puncak Terhadap Pemupukan Majemuk. Jurnal Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Yogyakarta.

Hariyadi,.Sehabudin, U, dan Winasa, I.W., 2009.Identifikasi Permasalahan dan Solusi pengembangan Perkebunan Kakao rakyat di Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selata. Prosiding Seminar Hasil-Hasil Penelitian IPB 2009: 21 hal.

Soeradikoesoema, W. 1993.Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan. Jakarta.

Wattimena, G. 1991. Zat Pengatur Tumbuh. PAU Institut Pertanian Bogor. Bogor,

Azhar, M. 1991. Struktur Anatomi dan Kadar Nikotin Daun Tembakau (Nicotoana tabaccum L. var Bligon) karena Pengaruh Zat Pengatur Tumbuh Asam Indole Asetat atau Asam Giberelat. Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Abdoellah, S. 2007. Manajemen Tanah dan Pemupukan Perkebunan Kakao. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. Hal 345-382.

Dharmayanti, N.K.S., Supadma N, dan Arthagama, D.M., 2013. Pengaruh Pemberian Biourine dan Dosis Pupuk Anorganik (N,P,K) Terhadap Beberapa Sifat Kimia Tanah Pegok dan Hasil Tanaman Bayam (Amaranthus sp.). Fakultas Pertanian. Universitas Udayana.

Abdoellah, S. 1996. Bahan Organik, Peranannya bagi Perkebunan Kopi dan Kakao. Warta Pusat penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, 12 (2):70-78

Gomez, K. A dan Gomez, AA. 1995. Prosedur Statistika Untuk Penelitian Pertanian. (Terjemahan Syammsuddin dan J. S Baharsyah). Edisi Kedua. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Tawakkal, I. 2009. Respon Pertumbuhan dan Produksi Beberapa Varietas Kedelai (Glycine max L. Merr) Terhadap Pemberian Pupuk Kandang Kotoran Sapi (Skripsi).Departemen Budidaya Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Foth, H.D. 1994. Dasar-dasar Ilmu Tanah.Diterjemahkan oleh Soenartono Adisoemarto.Erlangga. Jakarta.

Gardner, F. P., R. B. Pearce, & R. L. Mitchell. 1991. Fisiologi Tanaman Budidaya. Terjemahan oleh: Herawati Susilo. University of Indonesia Press. Jakarta. 428h.

Abidin, Z. 1987. Dasar-dasar pengetahuan tentang Zat pengatur Tumbuh. Bandung: Angkasa.

Phrimantoro, 2002.Tanaman Sayuran. http://www.kompas.com/kompas.cetak/020/10. jatim/urin-28-htm.

Sutari, W. S. 2010. Uji Kualitas Bio-urine Hasil Fermentasi dengan Mikroba yang Berasal dari Bahan Tanaman Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Hijau (Brassica juncea L.)(tesis). Denpasar : Universitas Udayana, Denpasar. Bali.

Affandi.2008. Pemanfaatan Urin Sapi yang Difermentasi Sebagai Nutrisi Tanaman. Yogyakarta:Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.30596/agrium.v21i2.1877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.