Keanekaragaman Komunitas Gulma Dalam Tanah Pada Tingkat Kedalaman dan Jarak Pengambilan Tanah Di Tanaman Kelapa Sawit Belum Menghasilkan

Irna Syofia, Murni Radiah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keragaman komunitas gulma dalam tanah pada tingkat kedalaman dan jarak pengambilan tanah di tanaman kelapa sawit belum menghasilkan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial yang terdiri dari dua Perlakuan yang diteliti yaitu Tingkat Kedalaman dan Jarak pengambilan Tanah. Untuk perlakuan tinkat kedalaman terdiri dari tiga taraf perlakuan, yaitu: M1 = 10 cm, M2= 20 cm, M3 = 30 cm, Sedangkan untuk perlakuan Jarak pengambilan tanah terdiri dari tiga taraf perlakuan, yaitu: R1 = 50 cm, R2 =100 cm, R3 = 150 cm. Terdapat 9 kombinasi perlakuan dengan tiga ulangan menghasilkan 9 polibeg dengan jumlah polibeg keseluruhan 27 polibeg dimana satu plot terdiri dari 9 polibeg dan semua merupakan sampel, Parameter yang diamati yaitu: Identifikasi Gulma sebelum pengambilan sampel tanah berupa ( Gulma dominan, Jumlah jenis Gulma) dan Identifikasi gulma setelah pemindahan tanah kedalampolibeg berupa ( Gulma dominan, jumlah jenis gulma, dan Komposisi Gulma).

Keywords


Simpanan Biji Gulma, Keanekaragaman Komunitas Gulma, Gulma Dominan, Jenis Gulma.

Full Text:

PDF

References


Azizah, C., Susanto, D. dan Hendra, M. 2015. Prosiding Seminar Tugas Akhir FMIPA UNMUL, Samarinda, Vol 1, No. 1, 5 hal.

Fatonah, S. dan Herman. 2011. Komposisi Floristik Gulma Di Perkebunan Kelapa Sawit Yang Berbeda Umur Tegakan Dan Metode Pengendaliannya Di Desa Tambang, Kampar. Makalah Poster Seminar Nasional dan rapat tahunan BKS Barat.

Herman, 2013. Simpanan Biji Gulma Dalam Tanah di Perkebunan Kelapa Sawit Desa Tambang (Kampar). Prosiding Seminar FMIPA Universitas Lampung. Lampung. 5 Hal.

Santosa,E. D. Sofyan, Z. dan Intan DP. 2009. Adscendens Diindikasikan Memiliki Daya Tahan ? 3 Tahun,. J. Agron. Indonesia 37 (1) : 46 54.

Syahputra, E., Sarbino dan Dian, S. 2011. Weeds Assesment Di Perkebunan Kelapa Sawit Lahan Gambut. J. Tek. Perkebunan & PSDL. Vol. 1. Hal 37-42




DOI: https://doi.org/10.30596/agrium.v21i2.1878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.