Pembuatan dan Karakterisasi Papan Partikel Komposit Dari Limbah Serbuk Tempurung Kelapa Dengan Pengikat Pelastik High Density Polyethylene (Hdpe) Daur Ulang

Irfandi Irfandi

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan kualitas papan komposit yang sesuai dengan acuan yang ditetapkan oleh Standart Nasional Indonesia (SNI). Fokus  pada penelitian ini adalah penggunaan Serbuk tempurung kelapa sebagai material pengisi (filler), dicampurkan dengan High Density Polyethylene (HDPE) daur ulang sebagai pengikat (matrik. Hasil pengujian papan partikel dapat diketahui bahwa sifat fisis bahan bervariasi pada setiap komposisi, namun pada komposisi 50:50 relatif lebih stabil dan tercapai  standart, karena tidak banyak mengalami fluktuasi baik kenaikan dan penurunan pada setiap uji. Sedangkan untuk sifat mekanik bervariasi yaitu untuk kuat lentur yang lebih baik pada komposisi 60:40, modulus elastis yang lebih baik  pada komposisi 50:50, kuat rekat internal yang lebih baik pada komposisi 30:70, dan  kuat impak pada komposisi 70:30. Secara umum untuk penggabungan nilai fisis dan mekanik komposisi 50:50 menunjukkan nilai yang lebih dominan memenuhi Standart Nasional Indonesia (SNI) 03 – 2105 – 2006. Pada penelitian ini dilakukan  beberapa uji yang meliputi pengujian Fisik dan mekanik pada sample yang telah dibuat. Uji fisis meliputi : Uji Kerapatan, Uji Kadar Air, Uji Pengembangan Tebal , sedangkan  Uji mekanis meliputi :uji kuat patah (MOR), uji kuat lentur (MOE), uji kuat rekat internal dan uji kuat impak.

Keywords


Papan Komposit, Serbuk Tempurung Kelapa, HDPE, Uji Mekanis, Uji Fisis

DOI:

https://doi.org/10.30596/agrium.v21i2.1881


Full Text:

PDF

References


Irfandi, I. (2013). Preparation and Characterization of Composite Materials from Particle Board Polypropylene Recycling and Coconut Shell Powder with Physical Propertis. EINSTEIN, 1(1).

Allorerung, D., dan A. Lay. 1998. Kemungkinan pengembangan pengolahan buah kelapa secara terpadu skala pedesaan. Prosiding Konperensi Nasional Kelapa IV. Bandar Lampung 21 – 23 April 1998 Pp.327 – 340.

Nurmalita, 2010. Pengaruh Orientasi Serat sabut Kelapa dengan Resin polyester terhadap Karakteristik Papan lembaran. [Thesis], Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


AGRIUM: Jurnal Ilmu Pertanian is abstracting & indexing in the following databases:

   

 

 

agrium