Bubuk Biji Tehsebagai Moluskisidaorganik dalam Mengendalikan Hama Utama Keong Mas Pada Tanaman Padi (Oryza sativaL.)

Nurlaily Nurlaily, Ahmad Gunawan, Azmi Nuzul Hada Marpaung

Abstract


Tanaman padi (Oryza sativa) merupakan salah satu tanaman pangan pokok bagimasyarakat Indonesia. Namun produksi tanaman padi di Indonesia belum mencukupi kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Salah satu faktor penyebab penurunan produksi padi adalah hama dan penyakit tanaman. Keong mas adalah hama utama yang menyerang tanaman padi yang dapat menyebabkan kerusakan serta menurunkan produksi tanaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memanfaatkan limbah biji teh untuk mengendalikan hama keong mas pada tanaman padi. Penelitian ini dilaksanakan di Lahan Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Jl Tuar No. 65 Kec. Medan Amplas, dengan ketinggian 27 mdpl pada bulan April sampai Juni 2018 menggunakan metode RAL Non Faktorial dengan 5 ulangan dan 4 taraf perlakuan yaitu T0: kontrol, T1: 6 g/l air, T2: 12 g/l air, T3: 18 g/l air. Parameter yang diamati pada penelitian ini yaitu mortalitas dari hama keong mas, waktu kematian keong masa dan gejala kematian dari keong mas. Analisis data dilakukan dengan analisis of varian ( ANOVA) dan uji lanjut Duncans New Multiple Range Test (DNMRT). berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan T3 dengan dosis 18 g/l air berpengaruh sangat nyata menyebabkan kematian keong mas mencapai 100 % pada 8 HSA.

Keywords


Biji Teh, Keong Mas, Moluskisida Organik, Padi,

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, Y., Elystia, R., dan Elvi, S. 2017. Pembuatan Pestisida Nabati Dengan Cara Ekstraksi Daun Pepaya Dan Belimbing Wuluh. Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Riau. Jom FTEKNIK 4(2).

Emilianil, N., Ali, M., dan Djufri. 2017. Pemanfaatan Ekstrak Tanaman Tembakau (Nicotianae tobacum L.) sebagai Pestisida Organik Untuk Pengendalian Hama Keong Mas (Pomaceace canaliculara L.) Di Kawasan Persawahan Gampong Tungkop, Aceh Besar. Pendidikan Biologi, FKIP Unsyiah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah 2(2).

Gassa, A. 2011. Pengaruh Buah Pinang (Areca catechu) terhadap Mortalitas Keong Mas (Pomacea canaliculata) pada Berbagai Stadia. Jurnal Fitomedika, 7(3):171-174.

Hadi, M. 2008. Pembuatan Kertas Anti Rayap Ramah Lingkungan dengan Memanfaatkan Ekstrak Daun Kirinyuh (Eupatorium odoratum). Jurnal Bioma, 6(2):12-18.

Nailirrahma.2014.Efektivitas Ekstrak Daun Mahkota Dewa Dan Daun Mengkudu Sebagai Moluskisida Nabati Terhadap Daya Hidup Keong Mas(Pomacea Canaliculata Lamarck). Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Institut Pertanian Bogor

Prasetyo, S dan Felicia, Y. 2012. Model Perpindahan Massa Pada Ekstraksi Saponin Biji Teh Dengan Pelarut Isopropil Alkhohol 50% Dengan Pengontakan Secara Dispersi Menggunakan Analisis Dimensi.Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan.Reaktor 14(2) Hal: 87-94.

Siregar, A.Z., Lubis, T., danSari. K.2017. Pemanfaatan Tanaman Atraktan Mengendalikan Hama Keong Mas Padi. Departemen Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara. Jurnal Agrosains dan Teknologi. 2(2).

Yunita, E. S., Suprapti, N. H dan Hidayat, J. W. 2009. Pengaruh Ekstrak Daun Tekelan (Eupatorium riparium) terhadap Mortalitas dan Perkembangan Larva Aedes aegypti. Jurnal Bioma, 11(1):11-17.




DOI: https://doi.org/10.30596/agrium.v21i3.2454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.