Keberhasilan Sambung Pucuk Kakao (Theobroma cacao L.) dengan Pemberian Abu Vulkanik Sinabung dan Limbah Pabrik Tahu

Desi Sri Pasca Sari Sembiring, Nani Kitti Sihaloho, Rika Alasia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui keberhasilan sambung pucuk kakao (Theobroma cacao L.) dengan pemberian abu vulkanik Sinabung dan limbah pabrik tahu. Dilaksanan di desa Bambel Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara dengan posisi lahan datar dan diperkirakan mempunyai ketinggian tempat kira-kira 220 m dpl. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Mei 2017 sampai Juni 2017. Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial, Faktor pertama adalah Abu Vulkanik (V) terdiri dari 3 taraf yaitu V0 (tanpa pemberian), V1 (200 gram/tanaman), dan V2 (500 gram/tanaman). Faktor kedua adalah limbah tahu (A) terdiri dari 3 taraf yaitu A0 (tanpa pemberian), A1 (15 ml/tanaman), dan A2 (17 ml/tanaman). Diulang sebanyak tiga kali. Hasil penelitian pemberian limbah tahu dan abu vulkanik berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan persentase bibit jadi pada umur 10 MSS tingkat keberhasilan pada sambung pucuk kakao, serta menurunkan persentase tingkat kematian sambung pucuk kakao pada umur 10 MSS. Pemberian limbah tahu dan abu vulkanik tidak dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman terhadap tinggi tanaman,diameter batang, jumlah daun, jumlah tunas, pada umur 2, 5, 7, 9 MSS sampai 10 MSS.

Keywords


Abu vulkanik, limbah tahu, tanaman kakao, sambung pucuk

Full Text:

PDF

References


Asmoro, Y., Suranto., Sutoyo. 2008. Pemanfaatan limbah cair tahu untuk peningkatan hasil tanaman petsai (Brassica chinensis). Jurnal Biologi

Basri, Z. 2009. Kajian Metode Perbanyakan Klonal pada Tanaman Kakao. Media Libtang. Sulawesi Tengah.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 2014. Hasil Kajian dan Identifikasi Dampak Erupsi Gunung Sinabung Pada Sektor Pertanian 2014. Tim Balitbangtan Departemen Pertanian Jakarta. Jakarta.

Darmawati, 2009. Pengaruh pemberian limbah cair tahu dan pupuk urea terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman. Sumatera utara.

Efrida lubis, 2009 pengaruh pemberian limbah cait tahu dan pupuk urea terhadap pertumbuhan dan produksi tanman, Sumatera utara.

Gunawan, Edang. 2014. Perbanyakan Tanaman. Jakarta.

Fiantis, D. 2006. Laju Pelapukan kimia debu vulkanik G.Talang dan pengaruhnya terhadap proses pembentukan mineral liat non-kristalin. Fakultas Pertanian. Universitas Andalas. Jurnal.http://repositoryunand.blog-detik.com

Sudaryo dan Sucipto. 2009. Identifasi dan Penentuan Logam Berat Pada Tanah Vulkanik di Daerah Cangkrip. Kabupaten Sleman Dengan Metode Analisis Akivasi Neutron Cepat. Seminar Nasional VSDM Teknologi. Yogyakarta.

Siregar, Tumpal. 2011. Budi Daya Coklat. Jakarta.

Nurlaeny. 2012 Pengaruh kombinasi abu vulkanik merapi, pupuk organic dan tanah mineral terhadap sifat fisiko-kimia media tanam serta pertumbuhan tanaman jagung (Zea mays L.)

Marko Daniel.2015. Tanggap pertumbuhan dan produksi kedelai terhadap pemberian abu vulkanik sinabung dan pupuk kandang ayam, Medan.

Widya.Y., 2008, Budidaya bertanaman Cokla,Tim Bina Karya Tani,Badung.




DOI: https://doi.org/10.30596/agrium.v22i1.3097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.