PENGARUH PROFITABILITAS DAN SIZE PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Heni Triastuti Kurnianingsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan apakah profitabilitas dan size perusahaan berpengaruh terhadap CSR. Sampel penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Hasil pengujian menemukan bahwa Profitabilitas (ROA) dan Size perusahaan (Ln of total asset) baik secara parsial maupun simultan tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI. Hal ini dibuktikan pula dari hasil koefisian determinan R square hanya sebesar 0.8% menunjukkan rendahnya kemampuan varibel terikat dalam menjelaskan variabel bebas, artinya variabel lain yang tidak ditelit Persentase pengaruh ROA dan ln of total asset terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI adalah lebih dominan dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini sebesar 99.2%.


Keywords


ROA, Size perusahaan, corporate social responsibility

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N dan Sulaiman, (2004). Enviromental Disclosure in Malaysia Annual Report: Legitimacy Theori Perspective. Internasional Journal of Commerce and Management. Vol. 14, No. 1, p. 44-45.

Amran, Azlan dan Susela Devi, (2008). The Impact of Government and Foreign Affiliate Influence on Corporate Social Reporting in Malaysia. Accounting, Auditing and Accountability Journal. Vol. 23. No. 4, p, 386- 404.

Anggraini, Fr. R. R. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta), Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang, 23-26 Agustus 2006.

Astrotama, G.A, (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Pertanggungjawaban Sosial dalam Laporan Tahunan Perusahaan Manufaktur di BEI, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

Belkaoui, Ahmed and Philip G.Karpik. (1989). Determinants of The Corporate Decision to Disclose Social Information. Accounting, Auditing and Accountability Journal. Vol.2, No.1, p, 129-145.

Darwin, Ali. (2004). Penerapan Sustainability Reporting di Indonesia. Konvensi Nasional Akuntansi V, Program Profesi Lanjutan. Yogyakarta, 13-15 Desember.

Data Laporan Tahunan Perusahaan Perbankan 2006-2010, http:// www.idx.co.id, diakses pada 8-15 Januari 2012.

Ghozali, Imam, (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS

Cetakan IV. Semarang; Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Gray, Nelson and Frienlender. (2001). Corporate Social Reporting: Emerging Trend in Accountability and The Social Contract. Accounting, Auditing and Accountability Journal. Vol. 8, No. 2, p. 47-77 .

Gray, Rob; Reza Kouhy and Simon Lavers. (1995). Corporate Social and

Environmental Reporting: A Review of Literature and a Longitudinal Study of UK Disclosure. Accounting, Auditing and Accountability Journal. Vol. 8, No. 2, p. 47-77 .

Hackston, David and Markus J. Milne. (1996). Some Determinants of Social and Enironmental Disclosure in New Zealand Companies. Accounting, Auditing and Accountability Journal. Vol. 9, No.1, p. 77-108.

Indikator GRI (revisi 2006) dalam http:// www.globalreporting.org diakses pada 15 Januari 2012.

Owen, David (2005) CSR After Enron: A Role for the Academic Accounting

Profession. Working Paper. Sosial Science Research Network.

Patten, (1991). Exposure, Legitimacy, and Social Disclosure. Accounting, Auditing and Accountability Journal. Vol. 8, No. 2, p. 47-77 .

Purnasiwi, (2011). Analisis Pengaruh Size, Profitabilitas, Leverage terhadap

Pengungkapan CSR. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Puspitasari, Apriani Daning, (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi

pengungkapan CSR pada Laporan Tahunan Perusahaan di Indonesia. Fakultas Ekonomi Univesitas Diponegoro, Semarang.

Putra, Eka Nanda. (2006). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap

Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Fakultas Ekonomi

Universitas Diponegoro, Semarang, Dipublikasikan.

Robert, (1992). Determinant of CSR Disclosure an Aplication of Stakeholder Theory. Accounting Organization and Society. Vol. 17, No. 6, p. 595-612.

Scott, William R. (1997). Financial Accounting Theory. New Jersey : Prentice Hall.

Sembiring, E. R. (2006). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris pada Perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Magister Akuntansi, Vol. 6 Januari.

Sjahrial, Dermawan, (2006). Pengantar Manajemen Keuangan Edisi 2. Jakarta; Penerbit Mitra Wacana Media.

Sumedi, (2010). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Regulasi Pemerintah Terhadap Pengungkapan CSR pada Laporan Tahunan di Indonesia. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.

World Bank. CSR Defenition. http://www.ifc.org/ifcext/economics.nsf/content/CSR_intropage.

Zeghal, Daniel and Sadrudin A. Ahmed, (1990). Comparison of Social

Responsibility Information Disclosure Media Used by Candian Firms.

Accounting, Auditing and Accountabilty Journal. Vol. 3, No.1, p, 38-53.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v13i1.142