PENGARUH IQ DAN EQ TERHADAP PRESTASI PEMBELAJARAN KOMPUTERISASI AKUNTANSI PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UMSU MEDAN

Hafsah .

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan
Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap tingkat prestasi pembelajaran komputerisasi akuntansi secara parsial dan simultan serta untuk menguji apakah minat mahasiswa/i mempengaruhi hubungan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional dengan tingkat prestasi pembelajaran akuntansi pada mahasiswa/i jurusan akuntansi fakultas ekonomi UMSU Medan. Hasil penelitian menemukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh variabel Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa atas Pembelajaran Matakuliah Komputer Akuntansi. secara parsial variabel kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman mahasiswa sedangkan variabel variabel lain berupa Kecerdasan Intelektual tidak berpengaruh signifikan.Variabel IQ dan EQ berpengaruh signifikan terhadap Pembelajaran Matakuliah Komputer Akuntansi dengan Minat sebagai Variabel Moderating.


Keywords


Ekonomi, Jurnal, Online, Riset, Akuntansi, Bisnis

Full Text:

PDF

References


Agustin, Ari Ginanjar. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi danSpiritual, Penerbit Arga, Jakarta.

Ali Mohammad & Asrori Mohammad. 2008. Psikologi Remaja Perkembangan

Peserta Didik, Cetakan keempat, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Azwar, S. 2004. Pengantar Psikologi Intelegensi, Cetakan Keempat, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Azwar, S. 2005. Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya, Edisi Kedelapan, Penerbit Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

David Rees & Richard McBain 2007, People Management Teori dan Strategi,

Penerbit Kencana, Cetakan I, Jakarta.

Djaali, 2008. Psikologi Pendidikan, Cetakan ke II, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Indriantoro Nur & Supomo Bambang. 2002. Metode Penelitian Untuk Akuntansi dan Manajemen, Penerbit BPFE Yogyakarta, Edisi Pertama, Cetakan kedua, Yogyakarta.

Mudrajad Kuncoro. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Penerbit

Erlangga, Jakarta.

Nuraini Maya. 2007. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar

Mahasiswa/i Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Univ.

Muhammadiyah Gersik, Gersik.

Melandy, Rissyo RM, Fitri Widiastuti, Nurna Aziza, 2007. Sinkronisasi Komponen Kecerdasan Emosional dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dalam Sistem Pendidikan Tinggi Akuntansi, SNA X Makassar.

Rissyo Melandy RM, Nurna Aziza, 2006. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi, SNA IX Padang.

Sugiyono, 2006. Statistika untuk Penelitian, Penerbit Alfabet, Cetakan Kesembilan, Bandung.

Suryaningrum, S., Heriningsih, Sucahyo, dan Afufah, Afifah. 2004. Pengaruh Pendidikan Tinggi Akuntansi Terhadap Kecerdasan Emosional, Simposium Nasional Akuntansi VII, Denpasar.

Suryaningrum, Sri dan Trisnawati, Eka Indah. 2003. Pengaruh Kecerdasan

Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Simposium Nasional

Akuntansi VI, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v13i2.147