PENGARUH FASILITAS FISIK DAN FASILITAS NON FISIK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PASAR JBBC MEDAN JOHOR

Muhammad Zuardi

Abstract


The decreasing number of consumers are becoming a major factor sluggishness traditional market competitiveness . Some of the main reasons customers make the shift from traditional markets to modern markets among others , the existence of the decline of traditional markets is not entirely due to the modern market . Due to the fact that the declining traditional market turnover is also influenced by the availability of facilities given to the buyer . The facility consists of a non- physical facilities and physical facilities . The purpose of this study was to determine the influence of physical facilities and non-physical facilities to customer satisfaction in Pasar JBBC Medan Johor , and analyze the most dominant factor influencing customer satisfaction of shopping at Pasar JBBC Medan Johor. By using multiple regression analysis , the result showed that non- physical facilities and physical facilities of 54.8 % impact on customer satisfaction shopping at Pasar JBBC Medan Johor , while 45.2 % influenced by other factors not examined in this study . Factors of physical facilities provide the most dominant influence on customer satisfaction Market shopping at Pasar JBBC Medan Johor . Security during and after shopping , the air around the hot market , odorless , neat arrangement of goods as well as the friendliness of the seller into the factors affecting shopping convenience.

Full Text:

PDF

References


Amri, Saeful dan Yoestini, 2011, Analisis Pengaruh , Kebersihan Dan Kenyamanan Di Pasar Tradisional Terhadap Perpindahan Berbelanja Dari Pasar Tradisional Ke Pasar Modern Di Kota Semarang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang

Apriani, 2011, Analisis Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Mereferensikan, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang

Bhuono, Agung Nugroho, 2005, Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS, Penerbit Andi, Yogyakarta

Carpenito, 2006, Buku Saku Diagnosis Keperawatan, Edisi 10, EGC, Jakarta

Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 19, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Irawan, Hadi, 2004, 10 Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan, Elex Media KOmputindo, Jakarta

Kautsari, Aulia Rahma, Mohd. Harisudin dan Bekti Wahyu Utami, 2012, Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pelanggan Kacang Mete Di Pasar Tradisional Kabupaten Wonogiri, Jurnal Agribisnis, Universitas Sebelas Maret, Semarang

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran ; Edisi Milenium, Jilid 2, Alih Bahasa Hendra Teguh, Prenhallindo, Jakarta

Kotler, Phillip, 2005, Manajemen Pemasaran, Analisis, Implementasi dan Pengendalian, Salemba Empat, Jakarta

Kotler, Phillip dan Gary Amstrong, 2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kedelapan, Alih Bahasa Damos Sihombing, Erlangga, Jakarta

Kuncoro, Mudrajad, 2003 Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Erlangga, Jakarta

Limanjaya, Hendru dan Budi Wijaya, 2006, Analisis Faktor yang Mendorong Tingkat Perubahan Perilaku Berbelanja Konsumen dari Pasar Tradisional ke Giant Hypermarket Margarejo, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1, No. 2, Oktober 2006, Jurusan Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra http://puslit.petra.ac.id/~puslit/journals/dir.php?DepartmentID=MAR

Lupiyoadi, Rambat, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek, Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Priyatno, Dwi, 2008, Mandiri Belajar SPSS Untuk Analisis Data & Uji Statistik, MediaKom, Jakarta

Sekaran, Uma, 2006, Metodologi Penelitian Bisnis, Edisi 4, Buku 1, Penerjemah : Kwan Men Yon, Salemba Empat, Jakarta

Singarimbun, S dan Effendi, S., 1995, Metode Penelitian Survei, Cetakan Kelima, Pustaka LP3ES, Jakarta

Sinulingga, Sukaria, 2011, Metode Penelitian, USU Press, Medan

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lufti, 2012, Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis, USU Press, Medan

Sugiyono. 2006, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Ke-empat, Alfabeta, Bandung

Sumarwan, Ujang, 2004, Perilaku Konsumen, Ghalia, Bogor

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung

Sukandi, 2010, Hubungan Antara Fasilitas Kampus Terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Menghadapi Daya Saing Jasa Pendidikan, Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Sumarno dan Budi Agustiono, 2006, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang, Jurnal Kopertis Wilayah VI , Semarang

Tjiptono, Fandi, 1997, Manajemen Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta

Umar, Husein, 2005, Strategic Management in Action, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Yuliarsih, Widyati R., 2002, Higiene dan Sanitasi Umum dan Perhotelan, Grasindo, Jakarta

Yulyaningsih, Nur, 2010, Perencanaan Lanskap Univefrsity Farm IPB Sindang Barang Kota Bogor Sebagai Kebun Agrowisata, Fakultas Pertanian IPB, Bogor

Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Medan, 2013, Survey Kepuasan Pelanggan Terhadap Pasar Tradisional di Kota Medan

Kompas, 2010, Riset AC Nielsen Tentang Kepuasan Pembeli, 23 November 2010




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v16i2.1718