PERBEDAAN PENETAPAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRADISIONAL DAN METODE ACTIVITY-BASED COSTING (Studi Kasus pada CV Anugrah Jaya Indonesia Bandung)

Anis Paskalia Sariningsih, Ida Farida Adi Prawira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penetapan Harga Pokok Produksi dengan menggunakan Metode Tradisional dan Metode Activity-Based Costing pada satu perusahaan UMKM. Penelitian ini digolongkan dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dengan teknik triangulasi. Analisis data dengan data reduction, data display, dan verification. Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Activity Based Costing memberikan hasil rata-rata persentase margin yang lebih tinggi dibandingkan dengan Metode Tradisional. Metode Activity Based Costing mampu mengalokasikan biaya ke aktivitas secara tepat dan membantu manajemen dalam mengambil keputusan untuk menentukan harga jual.

Keywords


Activity Based Costing, Harga Pokok Produksi, Harga Jual

Full Text:

PDF

References


Adie, A. F. (2011). Peranan Activity-based Costing System dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi Kain yang Sebenarnya untuk Penetapan Harga Jual (Studi Kasus pada PT Panca Mitra Sandang Indah). Jurnal Ilmiah Akuntansi.

Hamdallah Mahder E, O. S. (2014). Using Costing Systems in order to Price Products in Small Textile, Leather, and Clothing Companies:Field Study from Jordan. International Review of Management and Business Research, 3(1), 113-118.

Hansen/Mowen. (2013). Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Horngren, C. T., Datar, S. M., & Foster, G. (2010). Akuntansi Biaya dengan Penekanan Manajerial. Jakarta: Erlangga

Mursyidi. (2010). Akuntansi Biaya - Conventional Costing, Just In Time, dan Activity Based Costing. Bandung: PT Refika Aditama.

Nitin Kumar, D. M. (2013). A Comparative Analysis and Implementation of Activity Based Costing (ABC) and Traditional Cost Accounting (TCA) Methods in an Automobile Parts Manufacturing Company: A Case. Global Journal of Management and Business Research, 13(4), 29-38.

Rahmaji, D. (2013). Penerapan Activity-Based Costing System Untuk Menentukan Harga Pokok Produksi Pt. Celebes Mina Pratama. Jurnal EMBA, 1(3), hlm. 63-73.

Ray H. Garrison, E. W. (2013). Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Surya, R. T. (2013, Januari). Pengembangan Model Analisis dan Implementasi Activity-Based Costing (ABC) untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Dipetik Desember 5, 2016, dari http://www.kompasiana.com/rendratris/pengembangan-model-analisis-dan-implementasi-activity-based-costing-abc-untuk-meningkatkan-daya-saing-umkm_551b64aa8133117e089de781

Tandiontong, M., & Lestari, A. (2011). Peranan Activity-Based Costing System Dalam Perhitungan Harga Pokok Terhadap Peningkatan Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus pada PT Retno Muda Pelumas Prima Tegal). Jurnal Ilmiah Akuntansi(6), hlm. 1-23.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v17i2.1722