PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP KINERJA SAHAM PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE DI INDONESIA

Linzzy Pratami Putri, Irma Christiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris apakah Current Ratio, Return On Assets, Return On Equity, Earning per Share, Debt to Assets Ratio, dan Debt To Equity Ratio, berpengaruh terhadap Harga Saham secara parsial dan simultan pada Perusahaan Property dan Real Estate di Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif yang mana untuk melihat pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat yaitu Current Ratio, Return On Assets, Return On Equity, Earning per Share, Debt to Assets Ratio, dan Debt To Equity Ratio, berpengaruh terhadap Harga Saham secara parsial dan simultan pada Perusahaan Property dan Real Estate di Indonesia. Tempat penelitian dilaksanakan pada Bursa Efek Indonesia dengan cara memverifikasi perusahaan-perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia khususnya Perusahaan Property dan Real Estate tahun 2010-2014. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia yang mempublikasikan laporan keuangan tahun 2010-2014 dengan jumlah populasi sebanyak 38 (tiga puluh delapan) perusahaan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini ada 19 sampel pada Perusahaan Property dan Real Eestate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini model dan teknik analisa data menggunakan pendekatan regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio dan Earning per Share memiliki pengaruh yang signifikan terhadap harga saham. Sedangkan Return On Assets, Return On Equity, Debt to Assets Ratio, dan Debt to Equity Ratio memiliki pengaruh yang tidak signifikan. Dan secara simultan seluruh variabel dependen memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan nilai R-Square sebesar 0,377, hal ini berarti bahwa 37,7% variasi nilai harga saham dipengaruhi oleh peran variasi CR, ROA, ROE, EPS, DAR, dan DER. Sisanya 62,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Current Ratio, Return On Assets, Return On Equity, Earning per Share, Debt to Assets Ratio, Debt To Equity Ratio, dan Harga Saham

Full Text:

PDF

References


Darmadji, Tjiptono dan Fakhrudin Hendi. (2011). Pasar Modal di Indonesia. Edisi Ketiga Jakarta : Salemba Empat.

Fahmi, Irham (2012). Manajemen Investasi. Jakarta :Salemba Empat.

Harahap, Sofyan Syafri. (2010). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi Pertama, Jakarta : Rajawali Pers.

Hj. Henny Septiana Amalia (2010). Analisis Pengaruh Earning per Share, Return On Investment, dan Debt to Equity Ratioterhadap Harga Saham Perusahaan Farmasi di Bursa Efek Indoonesia. Vol. 11, No.2, Oktober 2010.

Jhon J Wild dan K.R Subramanyam (2013). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Sepuluh. Buku Satu.Jakarta Salemba Empat

Kasmir. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ketiga. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Lukman, Syamsuddin (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Baru. Jakarta : PT. Raja Grafindoo Persada.

Martalena dan Maya Melinda. (2011). Pengantar Pasar Modal. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi.

Meythi, Tan Kwang En, dan Linda Rusli (2011) Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Bisnis dan Manajemen Ekonomi Vol. 10, No. 2, Mei 2012.

Samsul, Mohammad.(2006). Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Jakarta : Erlangga.

Munawir, 2007. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta: Penerbit Liberity Yogyakarta

Mursidah Nufadillah (2011). Analisis Pengaruh Earning per Share, Debt to Equity Ratio danReturn On Equity terhadap Harga Saham PT Unilever Indonesia Tbk. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. Vol. 12, No. 1, April 2011.

Sjahrial, Dermawan. (2007). Pengantar Manajemen Keuangan. Edisi Kedua Jakarta : Mitra Wacana Media.

Situmorang, Paulus. (2008). Pengantar Pasar Modal. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Stella (2009). Pengaruh Price To Earnings Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Assets dan Price Book To Value terhadap Harga Pasar Saham, Jural Bisnis dan AkuntansiVol. 11, No. 2, Agustus 2009.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta

Supranto, J. (2009). Statistik Teori dan Aplikasi. Edisi Ketujuh. Jakarta : Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v17i2.1726