ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN DITINJAU DARI SEGI PROFITABILITAS PADA PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR

. Wardayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untu mengetahui perbandingan kinerja keuangan dari segi profitabilitas pada PT.Indofood CBP Sukses Makmur. Penelitian ini dilakukan oleh Peneliti menggunakan data sekunder dari Bursa Efek Indonesia pada perusahaan PT.Indo Food Sukses Makmur. Dalam penganalisaan data yang telah diperoleh, maka Peneliti menggunakan metode deskiftif.

Hasil penelitian menunjukan (1) Rasio Profitabilitas yang dihitung berdasarkan laporan keuangan PT.Indofood CBP Sukses Makmur dilihat dari segi Margin Laba Kotor, dari tahun 2010-2011 tidak mengalami penurunan namun pada tahun 2012 total margin laba kotor menurun sehingga hasilnya kurang baik karena totalnya berda dibawah rata rata industri. Jika dari segi margin laba bersih tahun 2010- 2011 juga sama seperti margin laba kotor totalnya tidak mengalami penurunan namun pada tahun 2012 total margin laba bersih menurun sehingga hasilnya juga
kurang baik. (2) Hasil Pengembalian Investasi (Return on Investment/ROI) yang diperoleh PT.Indofood CBP Sukses Makmur pada tahun 2010-2011 mengalami penurunan kemudian pada tahun 2012 hasilnya kembali menurun dengan begitu hasil yang didapat juga kurang baik. (3) Hasil Pengembalian Ekuitas (Return on Equity) yang diperoleh PT.Indoofod CBP Sukses Makmur pada tahun 2010-2011 mengalami penurunan dan tahun 2012 juga kembali mengalami penurunan sehingga hasil pengembalian ekuitas PT.Indofood CBP Sukses Makmur kurang baik karena totalnya tidak sesuai yang diharapkan.


Keywords


Profitabilitas; Retrun on investment; Return on equty; Kinerja keuangan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v12i1.174