MENINGKATKAN PERFORMANCE BUMD DENGAN SEMANGAT CORPORATIZATION DAN ALIANSI STRATEGIS SERTA TRANSFORMASI MINDSET

Sjahril Effendy

Abstract


Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau disebut juga Public Enterprise masih bisa ditingkatkan performancenya dengan antara lain melakukan reformasi BUMD, transformasi mindset pimpinan dan karyawannya memiliki akhlak yang baik pengelolaannya dengan semangat corporatization, dan membangun aliansi strategis dengan suatu bentuk joint cooperation/joint operational. Melakukan reformasi BUMD pada intinya bertujuan ingin membuat BUMD suatu value added dengan pertimbangan globalisasi ekonomi dunia bukan lagi dalam tahap wacana tetapi sudah memasuki tahap impelementasi. BUMD harus mampu menjadi business entity yang mampu memberikan satisfaction kepada para customer dan memberikan significant contribution kepada shareholders/owners. Dari segi komersial tetap berpegang pada kriteria-kriteria sound business practices. Dalam aliansi strategis BUMD-BUMD harus dapat mencari patner yang tepat sehingga kerjasama dapat terlaksana dengan baik dengan pola performance yang saling menguntungkan (win-win situation

Keywords


Corporatization, Business Entity, Public Enterprise, BUMD, Aliansi Strategis, dan Transformasi Mindset

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Kuglin, F.A & Jeff, H, 2001. Building, and Managing Strategic Alliances; How to work Effectively and Profitably with Partner Companies, New York : Amacom.

Lynch, Robert, P, 1989. The Partical Guide to Joint Venture and Corporate Alliances, New York : John Wiley & Sons.

Permadi, K, 2010. Pemimpin dan Kepemimpinan dalam Manajemen, Rineka Cipta, Jakarta.

Starr, M.K, 1992. Global Corporate Alliances and the Competitive Edge : Strategics and Tactics for Management West port, Connecticut : Quorum Books.

Sutanto, A.B, dkk, 2008. A Strategic Management Approach Corporate Culture & Organization Culture, The Jakarta Consulting Group, Jakarta.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1962 tentang Perusahaan Daerah.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v15i2.1759