ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN FINANCIAL VALUE ADDED (FVA) PADAPT. PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) MEDAN

Edisah putra, lisa liyanti

Abstract


Economic Value Added (EVA) dan Financial Value Added (FVA) merupakan konsep penilaian kinerja berdasarkan besar kecilnya nilai tambah yang diciptakan perusahaan selama periode tertentu. EVA mengukur laba ekonomi perusahaan dengan memperhitungkan biaya modal perusahaan, sedangkan FVA mengukur laba perusahaan dengan memperhitungkan kontribusi dari fixed asset dalam menghasilkan keuntungan bersih perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan berdasarkan analisis EVA dan FVA untuk tahun 2010 sampai dengan tahun 2014 pada PT. Perkebunan Nusantara III Medan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Economic Value Added (EVA) perusahaan telah mampu menciptakan nilai tambah ekonomi dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2013 dan tahun 2014 masih menghasilkan nilai negatif, sedangkan dengan menggunakan Financial Value Added (FVA) perusahaan sudah mampu menciptakan nilai tambah ekonomi dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2014.

Keywords


Net Operating Profit After Tax (NOPAT), Weighted Average Cost of Capital (WACC), Modal yang Diinvestasikan, Economic Value Added (EVA), Equivalent Depreciation (ED), Depresiasi, Financial Value Added (FVA).

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agnes Sawir. (2005). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Cetakan Kelima. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Agus Sartono. (2001). Aplikasi Manajemen Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta : BPFE.

Ari Purwanti Prawironegoro. (2008). Akuntansi Manajemen. Edisi Kedua. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Amin Tunggal, Widjaja. (2001). Memahami Konsep Economic Value Added (EVA) dan Value Based Management (VBM). Jakarta : Harvarindo.

Brigham, F. Eugene, Housten Joel F. (2001). Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan Buku 1. Jakarta : Erlangga.

Faisal Abdullah. (2003). Manajemen Perbankan (Teknik Analisis Kinerja Keuangan Bank). Malang : Umpress.

Hasibuan, Mandasari Junianthy. (2006). Analisis Perbandingan Economic Value Added (EVA) dan Financial Value Added (FVA) pada PT. PUSRI MEDAN. Skripsi. Fakultas Ekonomi USU. Medan. (Tidak Dipublikasikan).

Ida Ayu Nursanty, Endang Endrawati. (2010). Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Berdasarkan Metode Economic Value Added (EVA) pada CV. Manggala Megantara Mataram. Jurnal Ilmiah. Vol. 4 No. 3 Desember 2010.

Indah Gita Wardani. (2014). Analisis Penggunaan Economic Value Added (EVA) Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Industri Kosmetik Yang Terdaftar di BEI Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Makasar. (Dipublikasikan).

Iramani, R.r, Erie Febriani. (2005). Financial Value Added : Suatu Paradigma Baru dalam Pengukuran Kinerja dan Nilai Tambah Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 7, No. 1, Hal. 1-10, 2005.

Jumingan. (2006). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Pertama. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kelima. Jakarta : Rajawali Pers.

Munawir. S. (2004). Analisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Cetakan Ketiga Belas. Yogyakarta : Liberty.

Muh Safar Fauzan. (2012). Analisis Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) Pada PT. Raja Tirta Jaya. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Makasar. (Dipublikasikan).

Napitupulu, Fika Amelia. (2009). Analisis Perbandingan Economic Value Added (EVA) dan Financial Value Added (FVA) sebagai Alat Ukur Penilaian Kinerja Keuangan pada PT. Sumbetri Megah. Skripsi. Fakultas Ekonomi USU. Medan. (Dipublikasikan)

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen. Jakarta : Erlangga.

Rudianto. (2012). Pengantar Akuntanri Konsep & Teknik Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta : Erlangga.

Sandias, Rodrigues, Alfonso. (2002). Financial Value Added. Jurnal Akuntansi & Keuangan. Vol. 5, No. 1, Hal. 1-18. 2002.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ketujuh Belas. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v16i2.1770