ANALISIS MANAJEMEN MODAL KERJA DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS PADA PT. PERKEBUNANNUSANTARA III (PERSERO

Edisah putra, Rindy Antika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa penyebab penurunan rasio profitabilitas dan penurunan total aktiva dan untuk mengetahui bagaimana perputaran modal kerja, perputaran total aktiva, Debt to Total Asset Ratio (DAR) dalam meningkatkan profitabilitas yang diukur dengan Return On Investment (ROI) Pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan sumber data penelitian yaitu berupa data primer dan sekunder. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa manajemen modal kerja belum efektif dalam menghasilkan profitabilitas (ROI). Hal ini dibuktikan dengan variabel perputaran modal kerja yang mengalami peningkatan yang tidak diikuti Return On Investment (ROI), penurunan terjadi disebabkan perusahaan dalam mengelola modal kerja belum efektif terutama dalam menghasilkan penjualan. perputaran total aktiva mengalami penurunan tidak diikuti Return On Investment (ROI), peningkatan terjadi karena adanya penambahan modal saham ke dalam PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan. Debt to Total Asset Ratio (DAR) mengalami penurunan diikuti dengan menurunnya Return On Investment (ROI), penurunan ini menunjukkan perusahaan dalam meningkatkan Return On Investment (ROI) masik kurang efektif, dikarenakan total aktiva yang mengalami peningkatan tanpa diimbangi kenaikan penjualan. karena tingkat penjualan sangat berkaitan dengan peningkatan Return On Investment (ROI) pada PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan.

Keywords


Manajemen modal kerja dan ROI

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agus Sartono (2008). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : BPFE

(2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (edisi IV). Yogyakarta : BPFE

Agnes, Sawir (2008). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

A Helfert, Erich (2007). Teknik Analisa Keuangan. Jakarta : Erlangga

Annas (2016). Analisis Pengelolaan Modal Kerja Untuk Menilai Return On Investment (ROI) di PT. Gudang Garam Tbk. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Medan. Tidak Dipubiliasikan.

Bambang Riyanto (2008). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta : Penerbit GPFE

Brigham, E.F dan Joel F Houston (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta : Salemba Empat.

Djarwanto (2005). PokokPokok Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE

eby, Haditya (2016). Analisis Perputaran Total Aktiva Dalam Meningkatkan Profitabilitas Pada Perkebunan PT. Semadam Aceh Tamiang. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan. Tidak Dipubikasikan.

Harahap, Sofyan Safri (2010). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grasindo Persada.

Harmono (2014). Manajemen Keuangan. Jakarta : Bumi AksaraHery (2015). Analisa Kinerja Manajemen (edisi I). Jakarta : PT. GrasindoHorne dan John M. Wachowicz. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan (edisi XIII). Jakarta : Salemba EmpatIrawati (2006). Manajemen Keuangan (edisi I). Bandung : Pustaka.

Irham, Fahmi (2015). Manajemen Investasi. Jakarta : Salemba Empat

Jumingan (2011). Analisa Laporan Keuangan. (edisi IV). Bandung: PT. Bumi Aksara

Kasmir (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada (2012). Analisis Laporan Keuangan (edisi V). Jakarta : Rajawali Pers Kuswadi (2008). Rasio-Rasio Bagi Orang Awam. Jakarta : Elex Media Koputindo

Lamia, Eunike (2016). Pengaruh Current Ratio, Perputaran Modal Kerja, Piutang dan DAR Terhadap ROI Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Vol 16 No. 01, Mei 2016

Larasati (2016). Pengaruh Perputaran Total Aktiva, dan Perputaran Modal Kerja Terhadap Return On Asset (ROA) Pada PT. Central Proteinaprima Tbk. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Medan. Tidak Dipublikasikan.

Lukman, Syamsuddin (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan : Konsep Aplikasi Dalam Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan. Edisi baru. Yogyakarta : Penerbit Liberty.

Martono dan Agus H (2010). Manajemen Keuangan. (edisi III) Yogyakarta : Ekonosia




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v17i1.1771