Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Muhammad Fahmi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan consumer goods barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji F, dan uji t dan koefisien determinasi. Kesimpulannya menunjukkan bahwa hasil penelitian secara parsial Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan barang konsumsi sedangkan Ukuran Perusahaan dan Ukuran Dewan Komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility di perusahaan barang konsumen. Secara bersamaan menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Ukuran Dewan Komisaris berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan barang konsumen.


Keywords


Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Full Text:

PDF

References


Fahmi. (2015). Pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas, Media Exposure dan Umur Perusahaan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada perusahaan High Profile yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2013). Skripsi Akuntansi. Universitas Negeri Semarang.

Istifaroh dan Subardjo. (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 6, No. 6. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Akuntansi Indonesia. Surabaya. ISSN: 2460-0585.

Laksmitaningrum (2013). Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris dan Struktur Kepemilkian terhadap Pengungkapan CSR (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftrar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2011). Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Laksmitaningrum dan Purwanto, (2013). Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris dan Struktur Kepemilkian terhadap Pengungkapan CSR (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftrar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2011). Journal Of Accounting, Vol, 2, No. 3, Hal. 1. Universitas Diponegoro. ISSN: 2337-3806.

Megawati cheng dan Yulius, (2011). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap abnormal return. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol, 13, No. 1 . Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Mudjiyanti dan Maulani. (2017). Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas terhadap PengungkapanCorporate Social Responsibility pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis Media Ekonomi. Vol, XVII, No. 1.

Putri dkk. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013). Jurnal Akuntansi. Universitas Islam, Bandung. ISSN: 2460-6561.

Rindawati dan Asyik. (2015). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan kepemilikan publik terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal ilmu dan riset akuntansi. Vol,4. No. 6. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, surabaya.

Rofiqkoh, E. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran perusahaan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 5, No. 10. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, surabaya.

Saputra, (2016). Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Size terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal of Economic and Economic Education, Vol.5,No. 1, hal 75-89. ISSN: 2302-1590.

Saputri, (2011). Pengaruh karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Social Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Septian, (2017). Studi kasus Pelanggaran Etika Bisnis pada PT. Tirta Fresindo Jaya.

Sha, Thio Lie. (2014). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas dan Leverage terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. Vol, XVIII, No. 01. Hal, 86-98.

Silitonga, (2011). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Basis Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan Go Public di BEI. Skripsi Akuntansi. Universitas Sumatera Utara.

Sriayu dan Mimba. (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. E-Jurnal. Hal, 326-344. Universitas Udayana. ISSN: 2302-8556.

Subiantoro dan Mildawati. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntasi, Vol. 4,No. 9 (2015). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Surabaya.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Bisnis, Penerbit CV. Alphabeta, Bandung.

Syivafitra, (2016). Kasus Pelanggaran etika bisnis oleh Oreo PT.Nabisco.http://syivafitri.blogspot.com//2016/11.

Teropong.com. (2017). Warga resah, PT.SBI dan PT. Siantar Top buang limbah di Drainase. https://sknteropong.com/sorot/Warga resah, PT.SBI dan PT.Siantar Top buang limbah di Drainase.

Untung, (2014). CSR Dunia Bisnis, Penerbit CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Wardani, (2013). Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011). Skripsi. Universitas Diponorogo, Semarang.

www.idx.co.id.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v19i1.3322