PENGUJIAN KEMUDAHAN DAN KEBERMANFAATAN DENGAN FAKTOR ANTESEDEN SOSIALISASI SERTA EFIKASI DIRI SEBAGAI PEMODERASI PADA PENGGUNA e-SPT

Rizki Fillhayati Rambe., Angelia Pribadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris atas hasil sosialisasi e-SPT terhadap kebermanfaatannya di kalangan wajib pajak. E-SPT ditujukan kepada wajib pajak agar mereka mudah melaporkan pajaknya. Tidak memerlukan waktu yang banyak dengan mendatangi kantor pajak untuk melaporkan SPT nya secara manual. Selain itu, penelitian ini juga ingin menguji keefektifan e-SPT dengan cara mengetahui efikasi diri yang dimiliki oleh wajib pajak. Efikasi diri itu timbul dari kebiasaan yang dilakukan secara rutin. Kebiasaan yang dilakukan secara rutin yang dimaksud di penelitian ini adalah kebiasaan wajib pajak melaporkan pajaknya melalui e-SPT.


Keywords


Ekonomi, Jurnal, Online, Akuntansi, Bisnis, Sosialisasi, Efikasi Diri, Pelaporan Pajak, Wajib Pajak, Aplikasi Sistem

Full Text:

PDF

References


Agarwal, Ritu., Ahuja, Manju., Carter, E. Pamela., Gans, Mitch.(1998). Early and

Late Adopters of IT Innovations: Extension to Innovation Diffusion

Theory.

Brett, F. J. and Vande Walle, D (1999). Goal Orientation and Goal Content as

Predictors of Performance in a Training Program., Journal of Applied

Psychology, 84, pp. 863-873.

BPS. (2013). Realisasi Penerimaan Negara (Milyar Rupiah) 2007-2013.,

http://www.bps.go.id/tab-sub/view-php?tabel=1&daftar=1&is_subjek=13

Davis, F.D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User

Acceptance of Information Technology," MIS Quarterly (13:3), pp. 319-339.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM

SPSS19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Judisseno, Remsky K. ( 1997). Pajak dan Strategi Bisnis, PT. Gramedia Pustaka

Umum: Jakarta

Kuncoro, Mudrajad. (2009). Metode Riset untuk Bisnis., PT. Gramedia Pustaka

Umum: Jakarta

Printrich, P. (2000). Multiple Goals Multiple Pahtways: The Role of Goal

Orientation in Learning and Achievement.,Journal of Educational

Psychology, 92, pp. 545-555.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v14i2.421