PENGGUNAAN METODE QUICK SCAN UNTUK PENERAPAN TQM PADA UKM : SUATU KERANGKA KONSEPTUAL RISET

Sukma Lesmana

Abstract


Tulisan ini adalah suatu kerangka konseptual penelitian yang dapat dikembangkan untuk meneliti penggunaan metode Quick Scan untuk penerapan TQM pada usaha kecil dan menengah. Dalam kenyataannya bahwa UKM menghadapi persaingan yang tidak adil dari perusahaan besar yang sudah menerapkan TQM secara sempurna untuk menciptakan produk dan pelayanan kepada pangsa pasar konsumen yang sama. Kendala yang dihadapi UKM dalam menerapkan TQM adalah mahalnya biaya untuk menjamin semua kriteria TQM diterapkan dalam operasional UKM sehingga menimbulkan sikap frustasi menghadapi kenyataan ini dengan menampilkan kinerja apa adanya. Metode Quick
Scan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kendala penerapan TQM pada UKM. Metode Quick Scan berbasiskan pada teknik evaluasi diri dengan menggunakan instrumen yang sudah dijamin validitasnya terlebih dahulu.


Keywords


Ekonomi, Jurnal. Online, Akuntansi, Berita, TQM, Quick Scan, UKM, Kompetisi, Kualitas

Full Text:

PDF

References


Ahire, S.L., Golhar, D.Y. (1996), Quality Management in large versus small

firms, Journal of Small Business Management, Vol. 34 No.2, pp. 1-13.

Balbastre.F,dan Luzon,M.M. (2003),Self Assesment Aplication and Learning in

Organization,Total Quality Management,Vol.14 No.3

Chenhall R.H. 1997. Reliance of manufacturing performance measures, total quality

management and organizational performance. Management Accounting

Research 8: 187-206.

Deborah.B dan Priscilla.B,1998.TQM in American Hotels. Cornel Hotel &

Restorant Administration Quarterly (CHR).Vol.39.Iss 1 Februari 1998.p.26-

Daniel, S., dan W. Reitsperger. 1991. Linking quality strategy eith management

control systems: Empirical evidence from Japanese industry. Accounting,

Organizations and Society 17 : 601-618.

Diepitro, R.A. 1993. TQM: Evaluation, Scope, and Strategic Significance for

Management Development. Journal of Managements Development 12. p.

-18.

Dahlgaard, Kristensen, Kanji (1998), (1st ed) Fundamentals of Total Quality

Management, Chapman & Hall, London.

Ghobadian, A & Gallear, DN (1995), Total Quality Management in SMEs, Int

Journal of. Management Science, Vol. 24, No.1, pp 83-106.

Gulbro, R.D., Shonesy,L., Dreyfus,P. (2000) Are small manufacturers failing the

quality test, Industrial Management and Data Systems, No.2, pp. 76-80.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v9i1.454