PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN DI JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UMSU

Irfan .

Abstract


Penelitian ini berupaya menerapkan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi perbankan bagi mahasiswa Program Studi Akutansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.Tujuan yang ingin dicapai dari penerapan pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran akuntansi perbankan adalah sebagai berikut :Untuk mendiskripsikan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran akuntansi perbankan dengan menggunakan pendekatan kontekstual, menilai respons mahasiswa terhadap pembelajaran akuntansi perbankan dengan menggunakan pendekatan kontekstual, menilai kemajuan hasil belajar mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran akuntansi perbankan dengan menggunakan kontekstual, membandingkan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Pendekatan dalam penelitian untuk mata kuliah akuntansi perbankan adalah pendekatan Contexstual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini dimulai dari identifikasi kebutuhan pembelajaran, desain pembelajaran, implementasi dan evaluasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan hasil berikut (1) pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual ( CTL ) dalam pembelajaran Akuntansi Perbankan efektif untuk diterapkan pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UMSU, khususnya di kelas Semester V B Akuntansi Pagi.(2) Prestasi belajar mahasiswa cukup baik dengan menggunakan pendekatan kontekstual dibandingkan apabila menggunakan metode yang biasa atau konvensional. (3) Tanggapan mahasiswa terhadap model pembelajaran kontekstual ini cukup baik, karena dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjadi subjek bukan objek belajar, sehingga mahasiswa tidak lagi pada tataran menghafal namun sudah meningkat kearah memahami materi perkuliahan.


Keywords


Ekonomi, Jurnal. Online, Akuntansi, Berita, Pembelajaran Kontekstual, Akuntansi, pembelajaran konvensional , Akuntansi Perbankan.

Full Text:

PDF

References


Al-Muktar, Suwarna, (1991) Pengembangan Kemampuan Berpikir dan Nilai

Dalam Pendidikan IPS, Bandung : PPS IKIP Bandung

Cogen, John J (1998), Citizenship for the 21 st Century : An International

Perpective on Education, London : Cogan Page

-------------------, (2002) Pembelajaran Kontekstual ( Contextual Teaching And

Learning), Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikdasmen

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Standar Akuntansi Keuangan 2004 PT Salemba

Empat Jakarta

Ikatan Akuntan Indonesia dan Bank Indonesia, (2000), Pedoman Akuntansi

Perbankan Indonesia (PAPI), Jakarta

Nurhadi,Burhanudin Yasin, Agus GS (2003) Pembelajaran Kontekstual Dan

Penerapannya Dalam KBK, Penerbit Univ, Negeri Malang

N Lapoliwa & Daniel Kuswandi (1994), Akuntansi Perbankan ,Penerbit IBI Jakarta

Rusyan, T 1994 Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, PT Remaja Rosda

Karya, Bandung

Sudarja Adiwikarta, (1994) Peran dan Strategi Dasar Pendidikan Dalam Pening

Katan Sumber Daya Manusia di Desa, IKIP Bandung

Sukmara, Dian (2003), Implementasi Program Life Skill Dalam Kurikulum

Berbasis Kompetensi Jalur Sekolah, Muhni Sejahtera Bandung




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v9i1.455