Minat Belajar Mahasiswa Mempelajari Ilmu Akuntansi (Studi Kasus: Mahasiswa FEBI Jurusan Akuntansi Syariah ) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Arnida Wahyuni Lubis

Abstract


Abstrak maka diperoleh nilai sample adalah 254 mahasiswa semester 6,4, dan 2.Fenomena yang saya teliti dimana minat mahasisa dalam mempelajari ilmu akuntansi setelah proses pembelajaran di jurusan akuntansi syariah. adalah cukup baik ,dengan rincian sebagai berikut: mahasiswa yang berminat ilmu akutansi syariah sebanyak 65 % .dan mahasiswa yang tidak berminat sebanyak 35%.Dan Factor yang digunakan untuk mengungkap minat mahasiswa dalam mempelajari ilmu akuntansi di jurusan akuntansi syariah terdiri dari Faktor internal yang dapat mempengaruhi minat antara lain :mahasiswa berminat pelajaran ilmu akutansi syariah berasal kesukaan dari diri sendiri ( The Factor Inner Urge ) sebanyak 75% sedangkan tidak berminat 25%. Mereka tidak berminat karena dipengaruhi oleh kepribadiaanya sendiri..Dan mahasiswa berminat pelajaran ilmu akutansi syariah karena memang selalu menemukan kesulitan di lapangan kerja (magang) sehingga terpacu untuk mempelajari dan mengembangkan pengetahuannya (Emosional Factor) sebanyak 63% .,sedangkan tidak berminat sebanyak 37 % . Keadaan tidak berminat dipengaruhi oleh:Jarang ada buku panduan plus latihan , bingung memahami pelajaran,sulit memahami pelajaran. Dan tidak mengikuti bimbingan les,Faktor eksternal yang dapat mempengaruhi minat antara lain :mahasiswa berminat pelajaran ilmu akutansi syariah berdasarkan motif social (The Factor Of Social Motive) yaitu karena ingin berprestasi dan senang kerja kelompok sebanyak 56 %. sedangkan yang tidak berminat 44% , Faktor ini dipengaruhi oleh kurangnya kedisiplinan.

Abstrack then obtained the value of the sample is 254 students of semester 6.4, and 2. A phenomenon that is a very careful interest in the study of the is quite good, with details as follows: Students interested in Sharia accounting as much as 65%. and students who are not interested as much as 35%. And Factor used to uncover the student's interest in studying the science of accounting in the Sharia accounting department consists of internal factors that can affect interest, among others: students interested in Islamic literacy lessons derived from self (The Factor Inner Urge) as much as 75% while not interested 25%. They were not interested because they were influenced by his own personality. And students interested in Islamic literacy lessons because it always finds difficulties in employment (internship) so it is encouraged to learn and develop his knowledge (emotional Factor) as much as 63%., while not interested as much as 37%. Circumstances are not interested in being influenced by: Rarely have a guide book plus exercises, confused understanding lessons, difficult to understand lessons. And do not follow the guidance of tutoring, external factors that can affect interest, among others: students interested in Islamic literacy lessons based on social motives (The Factor Of Social Motive) is because it wants to excel and happy group work as much as 56%. While not interested 44%, this factor is influenced by a lack of discipline.


Keywords


interests, study, accounting

Full Text:

PDF

References


Abu Akhmadi. 1991. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. CV. Alfabeta.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono,Max 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang:CV. IKIP Semarang Press

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dwi Siswoyo. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Dwi Siswoyo. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Grafindo Persada.

Hamzah B. Uno. (2008). Profesi Kependidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru Edisi Oemar Hamalik. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja

Sardiman, AM. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:

Sugiyono. (2012). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tu?u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Al-Bukhari, Muhammad bin Ismail, Al-Shahih al-Bukhari, Beirut: Dar al-Fikr.tt.

Bigge. Morris, L, Learning Theories For Teacher, New York Harper&Row, 1982.

Blom, Benjamin S, et. al, Taxonomy of Education Obyektive The Classification of Education Goal, New York, David McKey, 1974.

C.A. Qadir, Filsafat pendidikan : Sistem Dan Metode, Yogyakarta, Andi ofset, 1988.

Departemen Agama, Al-Quran dan Terjemahannya. Depag RI, 1990.

Hamad Syafi?i Maarif, Posisi Umat Islam Terhadap Perkembangan Teknologi Modern, dalam Ahmad Busyairi dan Azharuddin Sahil (peny.), Tantangan Pendidkan Islam Yogyakarta, LPM UII, 1987.

Imam Barnadib, Filsafat pendidkan: Sistem Dan Metode, Yogyakarta, Andi ofset, 1988

Koentowibisono, Beberapa Hal Tentang Filsafat Ilmu, Sebuah Sketsa Umum Sebagai Pengantar Untuk Memahami Hakekat Ilmu dan Kemungkinan Pengembangannya, Yogyakarta, IKIP PGRI,1988.

M. Arifin, Filsafat Pendiddikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara 1991.

Munawar Ahmad Anees, Menghidupkan Kembali Ilmu dalam AL-HIKMAH, jurnal studi-studi Islam, Juli Oktober 1991.

Pujowijatno, Pembimbing Kearah Filsafat, Jakarta, PT. Pembangunan, 1963.

Salim Bahreisy, Terjemah Riyadh al-Shalihin, al-Maarif Bandung, 1978,

Seyyed Hoesen Nasr, Scinence and Civilization in Islam The New American Library, 1970.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v19i2.4759