ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA KUALITAS JASA TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PADA PT. BANK UOB BUANA Tbk KANTOR PUSAT OPERASIONAL
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank UOB Buana Tbk. Cabang Pembantu Jembatan Dua, perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perbankan, yang berkedudukan di Jl. Jembatan Dua Raya No. 139 A, Penjaringan, Jakarta Utara. Berdasarkan waktu pengumpulannya berupa data berkala (time series) 36 bulan dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2006. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya promosi dan biaya kualitas jasa mempunyai pengaruh terhadap tingkat likuiditas. Secara parsial untuk X1 (biaya promosi) menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat likuiditas, sedangkan untuk X2 (biaya kualitas jasa) menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat likuiditas. Dengan demikian PT. Bank UOB Buana Tbk. Kantor Pusat Operasional memerlukan promosi dan kualitas jasa yang baik dalam memperbaiki tingkat likuiditas khususnya current ratio.
Keywords
Ekonomi, Jurnal. Online, Akuntansi, Berita, Biaya promosi, biaya kualitas, likuiditas
Full Text:
PDFReferences
Blocher J. Edward, et all, Manajemen Biaya, Edisi III, Jilid 1, Salemba Empat,
Jakarta, 2007
Kotler Philip dan Armstrong Gary : Dasar-Dasar Pemasaran, jilid 1, Edisi IX,
Erlangga, Jakarta, 2003
Kotler Philip dan Keller K., L, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi XII, Erlangga,
Jakarta, 2007
Mulyadi, Akuntansi Biaya, Edisi 5, cetakan kedelapan, Yogyakarta, Aditya Media,
Ikatan Akuntan Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta,
Prawironegoro Darsono, Manajemen Keuangan, cetakan pertama, Diadit Media,
Jakarta, 2006
Swastha Basu dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta
Tjiptono Fandy, Pemasaran Jasa, Yogyakarta, Andy, 2004
DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v10i2.476