ANALISIS PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN BIAYA KUALITAS JASA TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PADA PT. BANK UOB BUANA Tbk KANTOR PUSAT OPERASIONAL

Rilla Gantino, Gunawan

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank UOB Buana Tbk. Cabang Pembantu Jembatan Dua, perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perbankan, yang berkedudukan di Jl. Jembatan Dua Raya No. 139 A, Penjaringan, Jakarta Utara. Berdasarkan waktu pengumpulannya berupa data berkala (time series) 36 bulan dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2006. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya promosi dan biaya kualitas jasa mempunyai pengaruh terhadap tingkat likuiditas. Secara parsial untuk X1 (biaya promosi) menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat likuiditas, sedangkan untuk X2 (biaya kualitas jasa) menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat likuiditas. Dengan demikian PT. Bank UOB Buana Tbk. Kantor Pusat Operasional memerlukan promosi dan kualitas jasa yang baik dalam memperbaiki tingkat likuiditas khususnya current ratio.


Keywords


Ekonomi, Jurnal. Online, Akuntansi, Berita, Biaya promosi, biaya kualitas, likuiditas

Full Text:

PDF

References


Blocher J. Edward, et all, Manajemen Biaya, Edisi III, Jilid 1, Salemba Empat,

Jakarta, 2007

Kotler Philip dan Armstrong Gary : Dasar-Dasar Pemasaran, jilid 1, Edisi IX,

Erlangga, Jakarta, 2003

Kotler Philip dan Keller K., L, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi XII, Erlangga,

Jakarta, 2007

Mulyadi, Akuntansi Biaya, Edisi 5, cetakan kedelapan, Yogyakarta, Aditya Media,

Ikatan Akuntan Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan, Salemba Empat, Jakarta,

Prawironegoro Darsono, Manajemen Keuangan, cetakan pertama, Diadit Media,

Jakarta, 2006

Swastha Basu dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta

Tjiptono Fandy, Pemasaran Jasa, Yogyakarta, Andy, 2004




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v10i2.476