PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PELUANG PENGUNGKAPAN TRIPLE BOTTOM LINE PADA SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Emelia Rahmadany Putri Gami

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kinerja Keuangan dan Good Corporate Governance terhadap peluang pengungkapan Triple Bottom Line pada Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ada 41 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, tetapi hanya 39 perusahaan yang memenuhi kriteria perusahaan yang memiliki data lengkap dalam bentuk laporan tahunan untuk sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel dalam penelitian ini secara signifikan mempengaruhi pengungkapan Triple Bottom Line. Secara parsial hanya variabel dewan komisaris dan Profitabilitas yang memiliki pengaruh signifikan terhadap peluang pengungkapan Triple Bottom Line yang dapat dilihat dari nilai Wald test dengan tingkat signifikansi <0,1. Berdasarkan uji Negelkerke R2 diperoleh hasil sebesar 46,0%.

This study aims to determine and analyze the effect of Financial Performance, Ownership Structure, and Good Corporate Governance to the opportunity of disclosure of Triple Bottom Line on Mining Sector Listed in Indonesian Stock Exchange.. There are 41 listed mining companies but only 39 companies meet the criteria of companies that have complete data in the form of annual reports for sampled research. This research uses quantitative method and analysis method used is logistic regression analysis. The results of this study indicate that simultaneously all the variables in this study significantly influence the disclosure of Triple Bottom Line. Partially only variable of board of commissioner and Profitability which have significant influence to chance of disclosure of Triple Bottom Line which can be seen from Wald test value with significance level <0.1. Based on the test Negelkerke R2 obtained results of 46.0%.


Keywords


Triple Bottom Line, Financial Performance and Good Corporate Governance.

Full Text:

PDF

References


Alpi, M. Firza. 2019. Penerapan Good Corporate Governance pada PT. Bank BUMN Tbk Regional I Sumatera Utara. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 2019, hal 355-364 Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Arum, Yeni. 2016. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Kinerja Keuangan, dan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (GCG) terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi pada Perusahaan yang Masuk Indeks Kompas 100 di BEI Tahun 2008-2010). Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Aulia, Sandra dan TB MH Idris Kartawijaya. 2011. Analisis Pengungkapan Triple Bottom Line dan Faktor yang Mempengaruhi Lintas Negara Indonesia dan Jepang. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh.

Elkington, John. 1997. Kanibal dengan Garpu: Garis Tiga Bawah dari Bisnis Abad 21. Capston Oxford.

Li-Chin, Ho Jeniffer dan Martin E. Taylor. 2007. Analisis Kaisar tentang Pelaporan Triple Bottom-Line dan Faktor Penentu: Bukti dari Amerika dan Jepang. Jurnal Manajemen Keuangan Internasional dan Akuntansi, 18: 2.

Nugroho, Adhy. 2013. Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Struktur Kepemilikan, dan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik terhadap Pengungkapan Triple Bottom Line di Indonesia. Skripsi. Semarang: Unviersitas Dipenegoro.

Ramadhan, Puja Rizqy. 2019. Determinan Struktur Modal pada Perusahaan

Food & Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Seminar Nasional Industri dan Teknologi (SNIT), Politeknik Negeri Bengkalis Oktober 2019 hlm. 179-184.

Solihin, Ismail. 2008. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dari Charity to Sustanability. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono, Ery Wibobo. 2006. Statistik Penelitian dan Aplikasinya dengan SPSS 17 untuk Windows. Bandung: Alfabeta.

Yanti, Fitri dan Rasmini. 2015. Analisis Pengungkapan Triple Bottom Line dan Faktor yang Mempengaruhi: Studi di Perusahaan Indonesia dan Singapura. Skripsi. Bali: Universitas Udayana.




DOI: https://doi.org/10.30596/jrab.v20i1.4952