Pemikiran Kalender Muhammad Basil ath-Tha’i Dalam Kitab “‘Ilm al-Falak wa at-Taqawim”

Ahmad Fauzi

Abstract


Abstrak

Penanggalan merupakan sebuah sistem untuk mencatat peristiwa penting atau yang bersejarah bagi manusia. Penanggalan atau yang juga disebut almanak adalah sebuah sistem perhitungan yang bertujuan untuk pengorganisasian waktu dalam periode tertentu. Kitab falak dari Timur Tengah yang membahas tentang sistem kalender salah satunya adalah kitab Ilmu Al-Falak Wa At-Taqawim. Kitab tersebut adalah kitab kontemporer karya Muhammad Basil At-Tha’i. Dalam kitab karangan At-Tha’i tersebut membahas berbagai masalah tentang astronomi secara modern dan juga kalender.

Metode hisab kalender yang digunakan oleh Muhammad Basil At-Tha’i dalam kitab Ilmu Al-Falak Wa At-Taqawim termasuk metode hisab ‘urfi yang perhitungannya bisa dilakukan dengan cara yang cepat dan sederhana. Metode perhitungan pada kitab ini menggunakan tabel-tabel yang dijadikan patokan dalam hisab penentuan awal bulan kamariah. Jadi, tingkat akurasi kalender ini tergolong rendah karena metode hisabnya hanya memperhitungakan perjalanan rata-rata Bulan.

Untuk kelebihan sistem kalender ini yaitu perhitungannya masih sederhana dan mudah dipelajari untuk orang-orang yang baru belajar ilmu falak. Metode hisab ini termasuk dalam kriteria hisab aritmatik yang pada prakteknya bisa diterapkan dalam pembuatan almanak sepanjang masa untuk keperluan sipil dan adminstrasi. Serta metode hisab ini juga menambah khazanah keilmuan falak. Sedangkan untuk kekurangan dalam kalender ini yaitu perhitungannya masih bersifat sangat umum dan belum akurat, sehingga tidak bisa digunakan dalam patokan beribadah.

Kata Kunci: Bashil at-Tha’I, kalender, hisab


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Al-Jailani, Zubair Umar, tth, Al-Khulashah Al-Wafiyyah Fi Al-Falak Bi Jadwal Al-Lugharitmiyah. Surakarta: Melati.

Azhari, Susiknan, 2008, Ensiklopedi Hisab Rukyat, Edisi Revisi, Cet.II Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

BHR Departemen Agama RI, 1981, Almanak Hisab Rukyat, Jakarta : Proyek Pembinaan Badan Peradilan Agama Islam.

Departemen Agama, 1997, Al-Qur’an Dan Terjemah ma’nanya dalam bahasa Indonesia, Jakarta: Depag.

ECSSR, 2014, The Emirates Center For Strategic studies and Research, diunduh pada 28 Nopember 2014. Pukul 10.00 WIB dari http://www.ecssr.ac.ae/ECSSR/print/prf.jsp?lang=en&prfId=/Profile/Profiles_2688.xml

Fathurrohman, 2012, Cara Mudah Belajar Ilmu Falak Edisi Refisi, Jombang: Muhipress Jombang.

Ichtiyanto, dkk, 1981, Almanak Hisab Rukyat, Jakarta: Proyek Pembinaan Peradilan Agama Islam.

Khazin, Muhyiddin, 2004, “Ilmu Falak dalam Teori dan Praktik perhitungan arah kiblat, waktu shalat, awal Bulan dan gerhana”Cet III, Jakarta: Buana Pustaka

______, 2005, Kamus Ilmu Falak, , Cet.I, Jogjakarta : Buana Pustaka

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua, Jakarta : Balai Pustaka, 1995

Sulaiman, Muhammad Ahmad, 1999, Sabahah Fadloiyyah Fi Afaqi ilmi al-Falak, Kuawait: Maktabah Al-‘Ajiri

______, 2011, Ma’zufatu Fardiyatin ala Autari Falakiyyah, Kairo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.