Peningkatan Kemampuan Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Rubu Al-Mujayyab

Muhammad Hidayat

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan belajar matematika dengan menggunakan media Rubu Al-Mujayyab pada siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2015/2016.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan memiliki beberapa tahap yang merupakan suatu siklus. Agar permasalahan tidak terlalu luas, maka peneliti membatasi penelitiannya pada pelajaran matematika materi kesebangunan dengan menggunakan media Rubu Al-Mujayyab.

Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan media Rubu Al-Mujayyab kemampuan belajar matematika siswa meningkat, hal ini dapat ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 54% pada siklus I meningkat menjadi 70% Pada siklus II kemudian pada siklus III meningkat menjadi 87% Karena tingkat ketuntasan secara klasikal yaitu 75% Sudah terpenuhi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Rubu Al-Mujayyab dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 48 Medan T.P 2015/2016.

Kata Kunci: KemampuanBelajarMatematika, Rubu Al-Mujayyab


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aunnurrohman.2009. Belajar dan Pembelajaran.Bandung: Alfabeta

Butar-Butar, Arwin Juli Rakhmadi.2016. Khazanah Astronomi Islam Abad Pertengahan.Purwokerto: UM Purwokerto Press.

Dewi,Ayu Erma Kartika Dewi.2013.Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer Pada Materi Kesebangunan Untuk Siswa Kleas IX SMP. Malang.

Esti Wuryani Djiwandono, Sri.2002. Psikologi Pendidikan Jakarta: PT Grasindo.

Mohamed,Mohaini.2004.Matematikawan Muslim Terkemuka.Jakarta: Salemba Teknika

Orchiston,W.,Stephenson,R.,Debardat,S.,and Nha,I.-S(eds).2004. Astronomical Instruments and Archives From the Asia-Pasific Region. Yonsei University Press,Seoul.

Rojak,Encep Abdul.2011.HisabArah Kiblat Menggunakan Rubu Mujayyab. Semarang

Setyanto, Hendro. 2002. Petunjuk Percobaan Guru Rubu Al-Mujayyab, Bandung: Pudak Scientific.

Slameto. 1995.Belajar dan Faktor - Faktor Belajar yang Mempengaruhi. Jakarta: rineka cipta.

Sugi.2013.Pengaruh Model Pembelajaran Gerlach And Ely Terhadap Kemampuan pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa SMA Negeri 10 Medan,Medan : UMSU

Sulaiman.R,Tatag Yuli Eko S,Toto Nusantara,Kusrini,Ismail,Atik Wintarti.2008. Contextual Teaching and Learning Matematika:Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas IX Edisi 4/R.Jakarta:Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.30596/jam.v3i2.1525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.