Pengakurasian Arah Kiblat Di Lingkungan Cabang Muhammadiyah Medan Denai

Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar, Hasrian Rudi Setiawan

Abstract


Tujuan dilaksanakannya Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah (PKPM) ini adalah selain untuk melaksanakan salah satu unsur dari Tri Dharma perguruan tinggi, maka program yang dilakukan ini untuk menjawab permintaan masyarakat terutama warga persarikatan Muhammadiyah, khususnya masyarakat Cabang Muhammadiyah Medan Denai untuk melakukan pelatihan pengakurasian arah kiblat. Metode yang digunakan adalah dengan mengadakan penyuluhan, tanya jawab, diskusi, penugasan dan praktik langsung. Kemudian metode pendekatan lain yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif (partisipatory approach). Kegiatan pelatiahan pengakurasian arah kiblat dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat dialogis dimana tim menyampaikan pemaparan tentang bagaimana melakukan pengakurasian arah kiblat baik secara teori maupun secara praktik, menggunakan alat-alat yang telah disediakan. Tahap pelaksanaan program ini dimulai dari persiapan program, pelaksanaan program, dan evaluasi program. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan pengakurasian arah kiblat adalah para peserta dapat mengetahui pentingnya menghadap kiblat ketika salat, dan peserta pelatihan telah mampu dalam menggunakan sebagian alat, seperti kompas kiblat, mizwalah dan theodolite dalam melakukan pengakurasian arah kiblat. Hal ini terlihat dari hasil praktek langsung di lapangan yang dilakukan setelah proses pelatihan berakhir.

Keyword: Pengakurasian, Kiblat, Masjid


Full Text:

PDF

References


Izuddin, A. (2010). Menentukan Arah Kiblat Praktis. Semarang: walisongo Press.

Izzuddin, A. (2006). Ilmu Falak Praktis (Metode Hisab-Rukyah Praktis dan Solusi Permasalahannya). Semarang: Komala Grafika.

Rusyd al-Haf?d, Ibn. Bid?yah al-Mujtahid wa Nih?yah al-Muqtashid, [Indonesia: D?r Ihy? al-Kutub al-Arabiyyah, t.t.]

Jamil, A. (2009). Ilmu Falak Teori dan Aplikasi Arah Qiblat, Awal Waktu, dan Awal Tahun (Hisab Kontemporer). Jakarta: Amzah.

Khazin, M. (2004). Ilmu Falak Dalam Teori dan Praktik. Yogyakarta: Buana Pustaka.

Musannif, A. (2011). Ilmu Falak (Metode Hisab Awal Waktu Shalat, Arah Kiblat,Hisab Urfi dan Hisab Hakiki Awal Bulan). Yogyakarta: Teras.




DOI: https://doi.org/10.30596/jam.v4i1.1932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.