Melacak Metode Penentuan Awal Bulan Hijriah Pengikut Abu Peuleukung Nagan Raya (Analisis Penetapan 1 Ramadhan, 1 Syawal dan 10 Zulhijah)

Ismail ,

Abstract


Tulisan ini mencoba untuk melacak dan menjelaskan metode penentuan awal bulan Hijriah yang dipraktikkan oleh pengikut Abu Peuleukung Nagan Raya provinsi Aceh. Praktik penetapan 1 Ramadhan, 1 Syawal dan 10 Zulhijah yang selalu berbeda dengan kebanyakan masyarakat di Indonesia menggerakkan hati penulis untuk mengkaji lebih dalam tentang metode apa yang dipakai oleh pengikut Abu Peuleukung Nagan raya dalam menetapkan hari-hari besar Islam, khususnya 1 Ramadhan, 1 Syawal dan 10 Zulhijah. Berdasarkan data yang diambil dari media massa yang mempublikasikan tentang praktik penetapan 1 Ramadhan, 1 Syawal dan 10 Zulhijah pengikut Abu Peuleukung Nagan Raya dapat disimpulkan bahwa metode yang dipakai selama ini adalah hisab urfi yang lebih dekat dengan metode hisab urfi khumasi.


References


Ahmad Izzuddin, Dinamika Hisab Rukyat di Indonesia, Jurnal Hukum Istinbath, Vol. 12, No. 2, November 2015.

Ahmad Musonnif, Ilmu Falak: Metode Hisab Awal Waktu Shalat, Arah Kiblat, Hisab Urfi dan Hisab Hakiki Awal Bulan, Cet. I, (Yogyakarta: Teras), 2011.

Afif Chasbi Fikri, Aplikasi Metode Hisab Ufi Khumasi di Pesantren Mahfilud Duror Desa Seger Kidul Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember Dalam Menentukan Awal dan Akhir Ramadhan. Skripsi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2010.

Ismail, Metode Penentuan Awal Waktu Salat Dalam Perspektif Ilmu Falak, Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. 14, No. 2, Februari 2015.

Kementerian Agama RI, Ilmu Falak Praktik, Cet. I, (Jakarta: Sub Direktorat Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat, Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam), 2013.

Muhammad Hadi Bashori, Pengantar Ilmu Falak: Pedoman Lengkap Tentang Teori dan Praktik Hisab, Arah Kiblat, Waktu Shalat, Awal Bulan Qamariah, dan Gerhana, Cet. I, (Jakarta: Pustaka Al-Kausar), 2015.

Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pedoman Hiab Muhammadiyah, Cet. II, (Yogyakarta: Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah), 2009.

Susiknan Azhari, Ilmu Falak: Perjumpaan Khazanah Islam dan Sains Modern, Cet. II, (Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2007).

Susiknan Azhari, Ensiklopedi Hisab Rukyat, Cet. II, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar), 2008.

Siti Tatmainun Qulub, Telaah Kritis Putusan Sidang Itsbat Penetapan Awal Bulan Qamariyah di Indonesia Dalam Perspektif Ushul Fikih, Al-Ahkam, Vol. 25, No. 1, April 2015.

Thomas Djamaluddin, Astronomi Memberi Solusi Penyatuan Umat, (LAPAN), 2011.

Sumber dari internet:

Tribunnews.com

Klikkabar.com

Diliputnews.com

Atjehpost.co

Merdekabicara.com




DOI: https://doi.org/10.30596/jam.v2i2.2533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.