Analisis Metode Penentuan Arah Kiblat Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh Aceh Barat

Riza Afrian Mustaqim

Abstract


Abstract

Masalah ketepatan arah kiblat di Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Aceh Barat tidak bisa ditolerir. Pasalnya, tingkat kemiringan yang terjadi begitu besar sehingga tidak mengarah ke ainul ka'bah bahkan jihatul ka'bah. Penelitian ini mengkaji metode penentuan arah kiblat Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh Aceh Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif, dengan memverifikasi metode yang digunakan dalam menentukan arah kiblat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengukuran arah kiblat masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh Aceh Barat tidak mengacu pada metode pengukuran tertentu, sehingga memiliki ketidaktelitian yang sangat signifikan.


References


Akbar, Reza, dan Riza Afrian Mustaqim. 2020. Problematika Konsep Bentuk Bumi Dan Upaya Mencari Titik Temunya Dalam Penentuan Arah Kiblat. Shar-E: Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah 6

Budiwati, Anisah, and Saiful Aziz. 2018. Akurasi Arah Kiblat Masjid Di Ruang Publik. Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora 1.

Bukhari, Muhammad Ibnu Ismail. 1992. Sahih Al-Bukhari. Beirut: Daar al-Kutub al-Ilmiyyah,

Cut, Usman. 2019. Interview. Meulaboh.

Hambali, Slamet. 2011. Ilmu Falak 1; Tentang Penentuan Awal Waktu Salat Dan Penentuan Arah Kiblat Di Seluruh Dunia. Semarang: Program Pascasarjana UIN Walisongo.

Ismail. 2019. Standar Operasional Prosedur (SOP) Kalibrasi Arah Kiblat Masjid Di Era Digital. Al-Marshad 5: 110.

Ismail. 2020. Urgensi Dan Legitimasi Fatwa Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Penetapan Arah Kiblat. Al-Manahij 14.

Izuddin, Ahmad. 2012. Ilmu Falak Praktis; Metode Hisab-Rukyat Praktis Dan Solusi Permasalahannya. Semarang: Pustaka al-Hilal.

Kamil, Syafruddin. 2019. Interview. Meulaboh.

M. Amirin, Tatang. 1995. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Maesyaroh. 2013. Akurasi Arah Kiblat Masjid Dengan Metode Bayang-Bayang Kiblat. Istinbath; Jurnal Hukum Islam 12.

Mohamad Faizal bin, Jani. Muzakirah Ilmu Falak, (Kumpulan Nota-Nota Ilmu Falak Untuk Dua Belas Bulan), n.d.

Riza Afrian Mustaqim, 2018. Pandangan Ulama Terhadap Image Processing Pada Astrofotografi Di BMKG Untuk Rukyatul Hilal Vol. 4, No. 1.

Munfaridah, Imroatul. 2011. Studi Kritik Terhadap Penentuan Arah Kiblat Dan Awal Bulan Qamariyah Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan. Jurisdictie, Jurnal Hukum Dan Syariah 2.

Ngamilah. 2016. Polemik Arah Kiblat Dan Solusinya Dalam Perspektif Al-Quran. Millati; Journal of Islamic Studie and Humanities 1.

Sayyid, Sabiq. 1971. Fiqh Sunnah. I.

Sudibyo, Muh.Marufin. 2011. Sang Nabi Pun Berpitar; Arah Kiblat Dan Tat Cara Pengukurannya. Solo: Tinta Medina.

Sumadi Suryabrata. 1997. Metodologi Penelitian. 10th ed. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Thomas, Djamaluddin. Arah Kiblat Tidak Berubah, 2010. https://tdjamaluddin.wordpress.com/2010/05/25/arah-kiblat-tidak-berubah/. diakses pada tanggal 12 Oktober 2020.




DOI: https://doi.org/10.30596/jam.v6i2.5229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.