SYAMSUL ANWAR DAN PEMIKIRANNYA DALAM BIDANG HISAB-RUKYAT

Niki Alma Febriana Fauzi

Abstract


Tulisan ini membahas pemikiran Syamsul Anwar dalam bidang ilmu falak, terutama

dalam bidang hisab-rukyat. Di tengah minimnya ahli falak di Indonesia, terlebih di lingkungan Muhammadiyah, nama Syamsul Anwar terasa masih sangat asing di telinga kebanyakan orang. Akan tetapi jika kita melihat lebih saksama sesungguhnya dari tangan Syamsul Anwar-lah banyak pemikiran-pemikiran cemerlang tentang hisab- rukyat lahir dan sangat terasa kontribusinya bagi Muhammadiyah khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Tulisan ini memokuskan pada beberapa pemikiran Syamsul Anwar dalam bidang hisab-rukyat, yaitu mengenai kontekstualisasi pemahaman hadis-hadis tentang rukyat, hisab hakiki sebagai metode penentuan awal bulan dan interkoneksi studi hadis dan astronomi.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Izzudin, Pengembangan Kurikulum llmu Falak di PTAI (Belajar Pada Prodi AS Konsentrasi Ilmu Falak IAIN Walisongo, http://badilag.net.

Al-Bukhari, ?a?i? al-Bukhari, edisi Mu?ammad Zuhair ibn Na?ir al - Na?ir (Beirut: Dar Tauq an -Najah,

/2002).

Argumentasi Hisab Muhammadiyah (Ttp.: Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Muhammadiyah, 2014).

Khoiruddin Nasution, Ahmad Pattiroy dan Slamet Khilmi (ed.), Dari Hasbi Ash-Siddiqeiqy Hingga Malik Madany: Pemikiran Hukum Islam Dekan Fakutas Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (1963-2007) (Yogyakarta: Syariah Press UIN Sunan Kalijaga, 2009).

Muhammad Rofiq, Pembaruan dalam Studi Hadis dan Astronomi, Rida, dkk., Hisab Bulan Kamariah: Tinjauan Syari tentang Penetapan Awal Ramadan. Syawal dan Zulhijah (Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2009), edisi ke-

Rida, dkk., Hisab Bulan Kamariah: Tinjauan Syari tentang Penetapan Awal Ramadan. Syawal dan Zulhijah (Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2012), edisi ke-3.

Syamsul Anwar, Diskusi & Korespondensi Kalender Hijriah Global (Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2014).

---------------------, Sekali Lagi Mengapa Hisab, http://www.muhammadiyah.or.id.

---------------------, Hari Raya dan Problematika Hisab-Rukyat (Yogyakarta: Suara Muhammadyah, 2008).

---------------------, Otoritas dan Kaidah Matematis: Refleksi atas Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1432 H, http://www.muhammadiyah.or.id.

---------------------, Interkoneksi Studi Hadis dan Astronomi (Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2011).

Susiknan Azhari, Pembaharuan Pemikiran Hisab di Indonesia: Studi Atas Pemikiran Saadoeddin Djambek (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002).

---------------------, Ensiklopedi Hisab Rukyat (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008).

Tim Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Pedoman Hisab Muhammadiyah (Yogyakarta: Suara Muhammadiyah,

/2009).




DOI: https://doi.org/10.30596/jam.v1i1.742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.