Menggagas Terbentuknya Islamic Calendar Research Network (ICRN)

Tono Saksono

Abstract


Persoalan Kalender Islam masih merupakan persoalan besar umat Islam hari ini. Persoalan Kalender Islam sendiri menyimpan persoalan syariah yang sangat serius. Penelitian tentang Kalender Islam belum banyak dilakukan, oleh karena itu ia perlu digalakkan dan harus betul-betul efisien dan efektif. Keberadaan dan kehadiran Islamic Calendar Research Network (ICRN) sendiri menjadi sangat penting sebagai pengendali efektifitas investasi dan arah penelitian (dalam tingkat S1 sampai dengan S3). ICRN dapat juga berperan sebagai semacam clearing house dengan tugas-tugas strategis untuk memberikan informasi atas arah, kepentingan, dan masa depan penelitian yang terkait dengan Kalender Islam. Ini merupakan kelompok think tank tempat berkumpulnya para pakar Kalender Islam.

Semua bank syariah di dunia tampaknya telah berpraktek ekonomi syariah yang semu (pseudo)

Kata Kunci: Kalender Islam, ICRN, peradaban


Full Text:

PDF

References


DeSilver, D. Worlds Muslim population more widespread than you might think. Factank 2013 [cited 2014 19 August]; Available from: http://pewrsr.ch/116QRmk.

Saksono, T., Kalender Islam dan Hutang Peradaban Muslim: Tinjauan Ekonomi, Sains dan Teknologi, in Halaqah Nasional Ahli Hisab dan Fikih Muhammadiyah2014, Pimpinan Pusat Muhammadiyah: Yogyakarta.

Saksono, T., Disclosing the Huge Potential of Muslims in the Global Economic Development, in i-INNOVA 2014, i.-I. 2014, Editor 2014, University Sains Islam Malaysia: Kuala Lumpur. p. 1.

Saksono, T., Pseudo Shariah Economy and Muslims' Civilization Debt. 1 ed 2014, Malaysia: Penerbit UTHM. 255.

Gent, R.H.v. The Astronomical Rules Governing the Umm al-Qura Calendar. The Umm al-Qura Calendar of Saudi Arabia, 2012.

Saksono, T., Mengkompromikan Rukyat & Hisab 2007, Jakarta: Amythas Publicita. 276.

Anwar, S. Kalender Kamariah Islam Unifikatif. 2004 [cited 2015 4 June 2015].




DOI: https://doi.org/10.30596/jam.v2i1.767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.