Petunjuk Penulisan Jurnal Al-Marshad

  1. Naskah yang dikirim ke merupakan karya ilmiah original yang berhubungan dengan kajian falak dan Astronomi Islam yang belum pernah diterbitkan dalam jurnal ilmiah.
  2. Naskah yang dkirim dapat berupa hasil penelitian, konseptual, telaah buku, atau biografi tokoh.
  3. Naskah harus memuat informasi keilmuan dan atau teknologi dalam bidang agama dan astronomi Islam.
  4. Panjang Naskah antara 15-30 halaman, termasuk daftar pustaka, diketik dengan 1 spasi untuk abstrak dan daftar pustaka, 2 spasi untuk substansi pembahasan, dengan menggunakan huruf times new roman, font 12 dan menggunakan kertas kuarto (A4).
  5. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris (bila tulisan dalam bahasa Indonesia maka abstraknya bahasa Inggris, sebaliknya bila tulisan dalam bahasa Inggris maka abstraknya bahasa Indonesia), yang diterima dalam bentuk print-oute beserta disketnya yang berisikan naskah tersebut, dan diterima redaktur paling lambat 1 bulan sebelum judul penerbitan.
  6. Tulisan hasil penelitian memuat: Judul, nama penulis, abstrak (tidak boleh lebih dari 100 kata), kata kunci (maksimum 5 kata), pendahuluan (tanpa sub judul, memuat latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan masalah/tujuan penelitian), metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, kesimpulan dan saran serta daftar pustaka (yang dirujuk dalam uraian saja).
  7. Karya Ilmiah memuat: Judul, nama penulis, abstrak (tidak boleh lebih dari 100 kata), kata kunci (maksimum 5 kata), pendahuluan (tanpa sub judul, memuat latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan masalah/tujuan penelitian), pembahasan (sub judul sesuai kebutuhan), penutup (atau kesimpulan dan saran), serta daftar pustaka (yang dirujuk dalam uraian saja).
  8. Tulisan menggunakan sistem foot note (catatan kaki), contoh sebagai berikut: 

           1Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1996), h. 10.

  9. Penulisan Daftar Pustaka ditulis dan disusun secara alfebetis (Model Harvad), untuk pengarang Indonesia namanya tidak dibalik, sedangkan untuk pengarang asing namanya dibalik, contoh:

    Ahmad Tafsir. 1992. Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

    Taba, Hilda. 1966. Teaching Strategis and Cognitive Functioning In Elementry School Children. San Fransisco: San Fransisco State College.

    Abd al-Fatah Jalal. 1997. Min al-Ushul al-Tarbawiyah fi al-Islam. Mesir: Dar al-Kutub.

  10. Pada bagian akhir naskah agar dicantumkan riwayat hidup penulis; meliputi tempat tanggal lahir, pendidikan formal, dan pekerjaan.
  11. Penulis yang artikelnya dimuat akan mendapatkan imbalan berupa 2 eksemplar Jurnal Al-Marshad, sedangkan yang artikelnya tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.

 

 

Medan, 05 Desember 2017

Pengelola Jurnal,

 

 

Tim OIF UMSU



Online-ISSN: 2598-2559