Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa dengan Menggunakan Teknik Assertive Training pada Siswa

Joni Afri, Freddi Sarman, Rully Andi Yaksa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan perbedaan perilaku asertif melalui layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik assertif training. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perubahan atau meningkatnya perilaku asertif siswa setelah diberikan perlakuan layanan konseling kelompok menggunakan teknik assertif training. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen, menggunakan the one group pretest posttest design. Pemilihan subjek menggunakan metode purposive sampling. Jumlah subjek penelitian delapan orang dengan kategori perilaku asertif (sedang) dan rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Adhiyaksa, Instrumen yang digunakan yaitu skala perilaku asertif dengan model skala Likert. Data dianalisis menggunakan teknik statistik nonparametrik yang menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan SPSS versi 20.00. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa skor pretest 99,125 dan posttest 134,625. Selanjutnya untuk uji hipotesis diperoleh hasil Asymp. Sig.(2-tailed) 0,005 yang berarti di bawah alpha 0,05 (0,005<0,012) dengan demikian dapat diartikan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa terdapat perubahan atau terjadinya peningkatan perilaku asertif siswa setelah diberikan perlakuan layanan konseling kelompok melalui teknik Assertif Training.

 


Keywords


Konseling Kelompok, Assertif Training, Perilaku Asertif

DOI:

https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v2i1.2233


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dalley, Deborah. 2013. Developing Yourassertiveness Skills.Universe Of Learning Ltd : Uk

Juniarni, M. 2016. Hubungan Perilaku Asertif dan Kesepian dengan Kecemasan Sosial Korban Bullying Pada Siswa SMP Negeri 27 Samarinda. Ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id.

Elita, K & Roslina V. 2018. Assertive Behavior Theraphy & Positive Reinforcement Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Lembaga Bimbingan Belajar Y. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni

Tri, S. 2015. Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Cerdas Istimewa Di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 1 No. 1 Tahun 2015 ISSN 2460-1187

Rahmi, S dkk. 2017. Mengembangkan Perilaku Asertif Untuk Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Jurnal Ilmial dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.