Penggunaan Model Pembelajaran PBL Untuk Mengembangkan Karakter Belajar Melalui Jurnal Ilmiah

Pipit Putri Hariani, Alfitriani Siregar

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan model problem based learning (PBL) dalam mengembangkan karakter belajar melalui jurnal ilmiah pada semester I FKIP sebanyak  54 mahasiswa di UMSU dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data sample menggunakan Random Sampling sebanyak 1720 mahasiswa pada semester I FKIP tahun ajaran 2016/2017 sebagai populasi, itu karena peneliti “mencampur” subek-subjek didalam populasi sehingga semua subjek dianggap sama (Arikunto, 2010:177). Maka sampel yang digunakan 2 kelas yaitu kelas Program studi Akutansi sebanyak 26 mahasiswa dan Bahasa Inggris sebanyak 28 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan; (a) Pengumpulan data, (b) Penyajian Data, (c) Reduksi Data dan (d) Kesimpulan. Sehingga hasil dari penilaian yang didapat  yaitu; (1) Mahasiswa semankin aktif, ini membuktikan adanya model pembelajaran PBL ini mereka aktif mencari ilmu sendiri dari berbagai sumber ilmu, (2) Karakter belajar disiplin, mereka mampu membuat perencanaan belajar, penyelesaian tugas, dan kegiatan belajar berkelompok, sehingga pada saatnya harus menghadapi evaluasi tidak terlalu kerepotan, dan (3) Belajar dengan kritis, mereka yang kritis tidak akan menelan mentah-mentah sesuatu pendapat yang didengar atau diterimanya, tetapi akan menimbulkan pertanyaan internal. Hasil dari penelitian ini terlihat pada proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajarn PBL dalam karakter belajar dapat memudahkan mahasiswa untuk menganalisis jurnal ilmiah pendidikan.


Keywords


PBL, Karakter belajar, Jurnal

DOI:

https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v2i1.2324


Full Text:

PDF

References


Ades, Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Gredler, Margaret E. 2011. Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryoputro,Gunawan., Sugeng Riadi., &Ali Sya’ban. 2012. Menulis Artikel Untuk Jurnal Ilmiah. Jakarta: UHAMKA PRESS

Tirtarahardja, Prof Umar. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.