Penanganan Perilaku Bullying Siswa

Satya Anggi Permana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penanganan Perilaku Bullying Siswa di SD 54/III Koto Agung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa dan orangtua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik Penjamin Keabsahan Data Penelitian dilakukan dengan Uji Kepercayaan (Credibility), Uji Keteralihan (Transferability), Uji Kebergantungan (Dependability), dan Uji Kepastian (Confirmability). Teknik analisis data dilakukan melalui proses reduksi data (data reduction), display data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa Penanganan perilaku bullying oleh guru dan orangtua siswa SD 54/III Koto Agung dilakukan dengan meningkatkan kepedulian terhadap perilaku siswa.Meski demikian, belum nampak tindakan khusus yang bersifat preventif dan kuratif yang dilakukan oleh guru dan orangtua siswa secara terencana.Penelitian ini mengungkapkan bahwa, Perilaku bullying timbul karena kurangnya kepekaan dan kepedulian orang-orang di lingkungan pelaku.

Keywords


Penanganan, Perilaku, Bullying, Siswa

References


Liputan6. 2014. Siswa SMA 70 Dikeluarkan Bukan Karena Bullying, (Online), (http://news.liputan6.com, diakses 11 November 2014).

Rahmania, T. 2014. Sentra Tumbuh Kembang Anak, (Online), (http://www.kancilku.com, diakses 20 Januari 2015).

Santrock, J.W. 2003. Adolescence: Perkembangan remaja. Terjemahan oleh Shinto dan Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.

Tribunnews. 2012. Bullying di Don Bosco Jadi Pembelajaran Dunia Pendidikan, (Online), (http://www.tribunnews.com, diakses 11 November 2014).

Uniqpost. 2012. Negara-negara dengan Kasus Bullying Tertinggi, (Online), (http://uniqpost.com, diakses 11 November 2014).

Usman, I. 2013. Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah dan Perilaku Bullying. Jurnal Humanitas, 10 (1): 50-60.




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v2i1.3034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id