Hambatan Yang Dialami Guru BK Untuk Melaksanakan Instrumen Non-Tes Dalam Pelayanan BK Dan Usaha Mengatasinya

Rina Suryani, Azrul Said, Indah Sukmawati

Abstract


Tugas guru BK di sekolah adalah memberikan pelayanan yang optimal sesuai dengan kebutuhan siswa. Instrumen non-tes merupakan salah satu jenis kegiatan pendukung yang digunakan untuk mengungkap kondisi siswa sebagaimana adanya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hambatan yang berasal dari dalam dan luar diri serta usaha guru BK mengatasi hambatan untuk melaksanaan instrumen non-tes dalam pelayanan BK di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 26 orang guru BK SMP Negeri Kota Padang yang berakreditasi A. Instrument penelitian berupa angket. Temuan hasil penelitian mengungkapkan : pelaksanaan instrumen non-tes belum terlaksana sepenuhnya bisa saja dikarenakan hambatan yang berasal dari dalam atau luar diri guru BK dan rata-rata guru BK telah melakukan usaha mengatasi hambatan tersebut.

Keywords


Guidance and counseling teachers obstruction, non-test instrument

DOI:

https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v2i1.3035


Full Text:

PDF

References


Dewa Ketut Sukardi.1996. Pengelolaan Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Gantina Komalasari, dkk. 2011. Assesmen Teknik Non-Tes dalam Perspektif BK Komperhensif. Jakarta: PT. Indeks.

Izaak Latunussa. 1988. Penelitian Pendidikan Suatu Pengantar. Jakarta: Depdikbud.

Jefi Rangga Permaga. 2012. Pengadministrasian Insntrumen Non-Tes oleh Guru BK dalam Pemberian Layanan BK di SMA N 1 Kota Pariaman (Skripsi). Padang: BK FIP UNP.

Nana Sudjana dan Ibrahim. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Panduan Pengembangan Diri untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2006.

Panduan Pengembangan Diri untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun. 2006. Seri Kegiatan Pendukung Konseling (P1-P6). Padang: BK FIP UNP.

Soetjipto. 1994. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tulus Winarsunu. 2002. Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.